POLA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT ADAT KESULTANAN TIDORE
DOI:
https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5756Kata Kunci:
Pola Pembelajaran, Agama Islam, dan Kesultanan TidoreAbstrak
Islam menghargai kearifan lokal, selama kearifan lokal tidak bertentangan dengan ajaran tauhid, maka Islam selalu mempunyai ruang untuk berdialog, kemudian dapat melebur dengan ajaran masyarakat lokal. Kesultanan Tidore memiliki tradisi yang kuat dalam mengajarkan ajaran agama Islam. Walaupun, tidak terstruktur sebagaimana pola pembelajaran agama Islam pada umumnya. Masyarakat adat kesultanan Tidore memiliki budaya belajar yang turun terumurun dan mengakar sehingga ajaran Islam tetap solid dan eksis mengakar pada diri masyarakat adat Kesultanan Tidore sampai hari ini. Penelitian ini mengkaji tentang pola pembelajaran agama Islam pada masyarakat adat kesultan Tidore yang mengakar sampai hari ini, walaupun tanpa adanya kurikulum resmi dari kesultanan, ajarannya menjadi budaya dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Referensi
Abdullah, T. (2018). Dari Timur Islam Nusantara, Maluku Utara. Jurnal Penelitian Humano, 9(1), 231–240.
Akbar, H. U. dan P. S. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.
Anthon Fathanudien, S. A. &. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi (Studi di Kabupaten Kuningan). UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 67–90. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v2i1.26
Anwar, R. (2022). Rasa Malu Menggambarkan Kwalitas Keimanan Seorang Muslim. Https://Badilag.Mahkamahagung.Go.Id. https://badilag.mahkamahagung.go.id
AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715
AR, S., & Supriyadi, M. (2022). Peran Kiai Langgar dalam Merawat Ajaran Islam Wasatiyah di Madura. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 679–690. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.359
Arlina, N. (2020). Kepemilikan Tanah Adat Suatu Kajian Pada Masyarakat Hukum Adat Tidore (Studi Kasus di Kelurahan Folarora, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan). De Jure Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 2(1), 42. https://doi.org/10.33387/dejure.v2i1.3034
As’ad, M. (2010). Tradisi tulis masyarakat Maluku Utara literal tradition of North Maluku’s society. Jurnal Al-Qalam, 16(26), 171–180.
Biklen, R. C. B. dan S. K. (n.d.). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon.
Dalidjo, N. (2021). Mengenal Siapa Itu Masyarakat Adat. Https://Aman.or.Id,.
Daud, S. (2022). Sultan Syaifuddin dari Tidore dan Gagasan Negara Modern. Https://Sofyandaudigarasi.Blogspot.Com/2018/09/Sultan-Syaifuddin-Dari-Tidore-Dan.Html. https://sofyandaudigarasi.blogspot.com
Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu. Prenadamedia Group.
Faarouq, M. A. (2021). Wawancara.
Friantary, H. S. dan H. (2019). POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN INQLUSI BAGI ANAK YANG Hengki. 4, 1–19.
Ihwan Wahid Minu, Rahmat, R., & Muhammad Rafli HI Taher. (2022). Sistem Pemerintahan Kesultanan Tidore Perspektif al-SiyÄsah al-Syar’iyyah di Kota Tidore Kepulauan. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 3(1), 81–99. https://doi.org/10.36701/bustanul.v3i1.524
Jariyah, A. (2018). Formulasi Collective Ection dalam kerjasama pemerintah Daerah Tidore Kepulawan dengan Swasta [Sekolah Tinggi Pembangungan Masyarakat Desa STPMD APMD Yogyakarta]. http://repo.apmd.ac.id/391/1/637_IP_IV_2018_AINUN JARIYAH_14520087.pdf
Kholil, M. (n.d.). Papua Barat, naskah kuna, naskah Islam, naskah Papua, kodikologi. 7(1), 167–184.
Kurniawan, M. S. H. S. dan S. (n.d.). Studi Ilmu Pendidikan Islam. . Ar-Ruzz media.
Makasihu, D. D., Luneto, B., & Otaya, L. G. (2021). Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Bahtsu, 6(1), 10–15.
Malan, M. (2019). Pengaruh Islam Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kesultanan Ternate. Al-Tadabbur: Kajian Sosial, Peradaban Dan Agama, 5(1), 1–23.
Masri, Y. I. (2018). Representasi Budaya Suku Tidore dalam Trailer Suanggi. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(1), 1–4. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2655
Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.
Muqorobin, M., Hisyam, Z., Mashuri, M., Hanafi, H., Setiyantara, Y., Usman, S., Jamil, M., Fuad, A., Herwanto, P., Setiawan, N., Bari, S., Sari, I., Yamin, M., Aksara, L. M. F., Informatika, J. T., Teknik, F., & Oleo, U. H. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Cloud Computing. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer) UNKHAIR, 5(2), 35–44.
Nomay, U. (2019). Tuhan, Manusia Dan Alam Dalam (Borero Gosimo) Amanat Datuk Moyang Tidore. Al-Qalam, 25(1), 15. https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.694
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun. Standar Nasional Pendidikan, 1, 1–95.
Rahman, A. (2022). Administrator, Kanwil MJM Mesjid Nurul Yakin Desa kayasah. Malut.Kemenag.Go.Id. https://malut.kemenag.go.id/read/kanwil-mjm-di-mesjid-nurul-yakin-desa-kayasa
Samsudin Hajatuddin. (2021). Wawancara.
Satrisno, H., & Friantary, H. (2019). Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pendidikan Inqlusi Bagi Anak Yang Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.29300/mjppm.v4i1.2371
Sulaiman, D. A. (1967). Pengantar Kumpulan Tiori dan Praktek Pengajaran. Semarang Press.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.
Syaifuddin. (2022). Penerapan Hukum Islam di Kesultanan Tidore. Http://Elibrary.Iain-Ternate.Ac.Id. http://elibrary.iain-ternate.ac.id
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Geo Edukasi, 3(1).
Yasin, U. (2021). Hasil Wawancara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Hendi Sugianto, Nurmala Buamona, Kartini Limatahu, Intan Zilmiani Abdullah, Intan Permata

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.