POLA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT ADAT KESULTANAN TIDORE

Penulis

  • Hendi Sugianto Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Nurmala Buamona Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Kartini Limatahu Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Intan Zilmiani Abdullah Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Intan Permata Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5756

Kata Kunci:

Pola Pembelajaran, Agama Islam, dan Kesultanan Tidore

Abstrak

Islam menghargai kearifan lokal, selama kearifan lokal tidak bertentangan dengan ajaran tauhid, maka Islam selalu mempunyai ruang untuk berdialog, kemudian dapat melebur dengan ajaran masyarakat lokal. Kesultanan Tidore memiliki tradisi yang kuat dalam mengajarkan ajaran agama Islam. Walaupun, tidak terstruktur sebagaimana pola pembelajaran agama Islam pada umumnya. Masyarakat adat kesultanan Tidore memiliki budaya belajar yang turun terumurun dan mengakar sehingga ajaran Islam tetap solid dan eksis mengakar pada diri masyarakat adat Kesultanan Tidore sampai hari ini. Penelitian ini mengkaji tentang pola pembelajaran agama Islam pada masyarakat adat kesultan Tidore yang mengakar sampai hari ini, walaupun tanpa adanya kurikulum resmi dari kesultanan, ajarannya menjadi budaya dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.

Referensi

Abdullah, T. (2018). Dari Timur Islam Nusantara, Maluku Utara. Jurnal Penelitian Humano, 9(1), 231–240.

Akbar, H. U. dan P. S. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Anthon Fathanudien, S. A. &. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi (Studi di Kabupaten Kuningan). UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 67–90. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v2i1.26

Anwar, R. (2022). Rasa Malu Menggambarkan Kwalitas Keimanan Seorang Muslim. Https://Badilag.Mahkamahagung.Go.Id. https://badilag.mahkamahagung.go.id

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

AR, S., & Supriyadi, M. (2022). Peran Kiai Langgar dalam Merawat Ajaran Islam Wasatiyah di Madura. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 679–690. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.359

Arlina, N. (2020). Kepemilikan Tanah Adat Suatu Kajian Pada Masyarakat Hukum Adat Tidore (Studi Kasus di Kelurahan Folarora, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan). De Jure Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 2(1), 42. https://doi.org/10.33387/dejure.v2i1.3034

As’ad, M. (2010). Tradisi tulis masyarakat Maluku Utara literal tradition of North Maluku’s society. Jurnal Al-Qalam, 16(26), 171–180.

Biklen, R. C. B. dan S. K. (n.d.). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon.

Dalidjo, N. (2021). Mengenal Siapa Itu Masyarakat Adat. Https://Aman.or.Id,.

Daud, S. (2022). Sultan Syaifuddin dari Tidore dan Gagasan Negara Modern. Https://Sofyandaudigarasi.Blogspot.Com/2018/09/Sultan-Syaifuddin-Dari-Tidore-Dan.Html. https://sofyandaudigarasi.blogspot.com

Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu. Prenadamedia Group.

Faarouq, M. A. (2021). Wawancara.

Friantary, H. S. dan H. (2019). POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN INQLUSI BAGI ANAK YANG Hengki. 4, 1–19.

Ihwan Wahid Minu, Rahmat, R., & Muhammad Rafli HI Taher. (2022). Sistem Pemerintahan Kesultanan Tidore Perspektif al-SiyÄsah al-Syar’iyyah di Kota Tidore Kepulauan. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 3(1), 81–99. https://doi.org/10.36701/bustanul.v3i1.524

Jariyah, A. (2018). Formulasi Collective Ection dalam kerjasama pemerintah Daerah Tidore Kepulawan dengan Swasta [Sekolah Tinggi Pembangungan Masyarakat Desa STPMD APMD Yogyakarta]. http://repo.apmd.ac.id/391/1/637_IP_IV_2018_AINUN JARIYAH_14520087.pdf

Kholil, M. (n.d.). Papua Barat, naskah kuna, naskah Islam, naskah Papua, kodikologi. 7(1), 167–184.

Kurniawan, M. S. H. S. dan S. (n.d.). Studi Ilmu Pendidikan Islam. . Ar-Ruzz media.

Makasihu, D. D., Luneto, B., & Otaya, L. G. (2021). Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Bahtsu, 6(1), 10–15.

Malan, M. (2019). Pengaruh Islam Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kesultanan Ternate. Al-Tadabbur: Kajian Sosial, Peradaban Dan Agama, 5(1), 1–23.

Masri, Y. I. (2018). Representasi Budaya Suku Tidore dalam Trailer Suanggi. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(1), 1–4. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2655

Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Muqorobin, M., Hisyam, Z., Mashuri, M., Hanafi, H., Setiyantara, Y., Usman, S., Jamil, M., Fuad, A., Herwanto, P., Setiawan, N., Bari, S., Sari, I., Yamin, M., Aksara, L. M. F., Informatika, J. T., Teknik, F., & Oleo, U. H. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Cloud Computing. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer) UNKHAIR, 5(2), 35–44.

Nomay, U. (2019). Tuhan, Manusia Dan Alam Dalam (Borero Gosimo) Amanat Datuk Moyang Tidore. Al-Qalam, 25(1), 15. https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.694

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun. Standar Nasional Pendidikan, 1, 1–95.

Rahman, A. (2022). Administrator, Kanwil MJM Mesjid Nurul Yakin Desa kayasah. Malut.Kemenag.Go.Id. https://malut.kemenag.go.id/read/kanwil-mjm-di-mesjid-nurul-yakin-desa-kayasa

Samsudin Hajatuddin. (2021). Wawancara.

Satrisno, H., & Friantary, H. (2019). Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pendidikan Inqlusi Bagi Anak Yang Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.29300/mjppm.v4i1.2371

Sulaiman, D. A. (1967). Pengantar Kumpulan Tiori dan Praktek Pengajaran. Semarang Press.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.

Syaifuddin. (2022). Penerapan Hukum Islam di Kesultanan Tidore. Http://Elibrary.Iain-Ternate.Ac.Id. http://elibrary.iain-ternate.ac.id

Tejokusumo, B. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Geo Edukasi, 3(1).

Yasin, U. (2021). Hasil Wawancara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-11

Cara Mengutip

Sugianto, H., Buamona, N., Limatahu, K., Abdullah, I. Z., & Permata, I. (2022). POLA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT ADAT KESULTANAN TIDORE. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(2), 195–216. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5756

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.