PERAN PEMUDA DALAM PENCAPAIAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALs (SDGs)
DOI:
https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5920Kata Kunci:
Peran, Pemuda, SDGsAbstrak
Pemuda merupakan aset penting sebuah Negara. Tanpa ada campur tangan pemuda, negara tidak akan berkembang. Sangat berat tantangan yang mereka akan dihadapi, karena di era seperti sekarang ini peran pemuda sangatlah berat dimana arus teknologi yang sangat cepat dan di era ini pula perkembangan zaman tidak menentu. Pemuda Indonesia memiliki beberapa peran penting dalam membangun sebuah bangsa. Peranan pemuda sangatlah penting karena pemudalah yang akan melanjutkan perjuangan para pendahulu bangsa Indonesia. Peran penting pemuda adalah sebagai Agent of Change, Agent of Development, Agent of Modernizations, Pembangunan Pendidikan dan Semangat Juang yang tinggi. Akan tetapi, Dengan perubahan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan dengan segala kecanggihannya pada saat ini, Tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi. Hal ini perlulah campur tangan pemerintah dalam membuat program-program yang bisa meningkatkan potensi-potensi pemuda Indonesia. Salah satu program yang diluncurkan oleh pemerintah adalah Sustainable Development Goals ata dikenal dengan singkatan SDGs. Melalui program Sustainable Development Goals ini, negara berharap bahwa program-promgram yang sudah dicanangkan tidak stagnan alias bisa berkelanjutan bahkan berkembang dan disesuaikan dengan kemajuan zaman. Dengan jumlah pemuda yang sangat signifikan inilah negara berharap Indonesia bisa lebih maju dimasa depan.Referensi
Alfajri, Suwignyo, & Luerdi. (2020). PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN TUNAS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) SISWA TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT DI KOTA PEKANBARU UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN SUSTAINABLE CITIES AND COMMUNITIES DAN RESPONSIBLE CONSUMPTION AND PRODUCTION. Multidisiplin: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 201–208.
Juned, M., Kusumastuti, R. D., & Darmastuti, S. (2015). Penguatan peran pemuda dalam pencapaian tujuan ketiga Sustainable Development Goals (SDGs) di Karang Taruna Keluarahan Serua, Bojongsari, Depok. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 9, 1–7.
Khairuddin, H. (2018). Analisa Keselarasan Program Kerja Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Indragiri Hilir ( Baznas Inhil ) Dengan Sustainable Development Goals ( SGDs ). Selodang Mayang, 4, 107–111.
Lickona, T. (2015). Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. PT. Bumi Aksara.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.
Ningsih, W. P., & Hamdy, M. Z. (2021). إدارة بيئة اللغة العربية : تكوينا وتطبيقا. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 139–153.
Pemuda dan Perannya dalam Pencapaian SDGs. (2020). Tanoto Foundation. https://www.tanotofoundation.org/id/news/pemuda-dan-perannya-dalam-pencapaian-sdgs/
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Saud, I. W., Mohi, W. K., & Pakaya, N. A. (2020). Analisis Peran ‘Aisyiyah Wilayah Gorontalo Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 1. https://doi.org/10.31314/pjia.9.1.1-14.2020
Setiawan, J. H., & Caroline, C. (2020). Peran United Nations Development Programme Indonesia Dalam Mengimplementasikan Difusi Inovasi Agenda Sustainable Development Goals Untuk Membangun Kesadaran Pemuda Mengenai Masalah Sampah Plastik. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 6(2), 100. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v6i2.170
Statistik Pemuda Indonesia 2020. (2022). In Badan Pusat dan Statistik.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. ke-17). Alfabeta.
Trimulato, T., Syamsu, N., & Octaviany, M. (2021). Sustainable Development Goals (SDGs) Melalui Pembiayaan Produktif UMKM di Bank Syariah. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(1), 19–38. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i1.269
Witarti, D. I., Puspitasari, A., & Fithriana, A. (2021). Pendidikan Anti Korupsi Kepada Anak Usia Sekolah Sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (Sdg’S) Tujuan 16 Target 5. Sebatik, 25(1), 208–213. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1085
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nasrullah Nasrullah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.