Strategi Belajar Istima' yang Digunakan oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i1.6617Kata Kunci:
language learning strategy, listening strategy, cognitive, metacognitive, socio-affective, maharah istima'Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pembelajaran yang dilaporkan lebih sering digunakan oleh mahasiswa pendidikan bahasa Arab dalam mempelajari maharah istima' dan mengelaborasi praktik untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana belajar istima'. Penelitian ini merupakan metode campuran dengan desain sequential explanatory, dimana peneliti mengambil data kuantitatif terlebih dahulu, kemudian menggalinya lebih mendalam melalui data kualitatif. Data kuantitatif yang diambil melalui kuesioner, diadaptasi dari O'Malley dan Chamot, dan taksonomi strategi pembelajaran Vandergrift, melaporkan bahwa strategi pembelajaran kognitif digunakan sebesar 50,3%, strategi pembelajaran metakognitif digunakan oleh 39,1%, sedangkan strategi pembelajaran sosio-afektif digunakan digunakan sebesar 44,5%. Data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara lanjutan melaporkan bahwa strategi kognitif yang digunakan siswa meliputi inferencing, elaboration, imagery, translation, summarization, note-taking, dan substitusi. Strategi inferencing, elaboration, imagery, dan translation dilaporkan paling banyak digunakan, dibandingkan dengan summarization, note-taking, dan substitusi. Strategi metakognitif dilaporkan digunakan seluruhnya yaitu perencanaan, pemantauan, evaluasi, dan identifikasi masalah. Sementara itu, strategi sosio-afektif dilaporkan paling sedikit digunakan dari ketiga strategi pembelajaran tersebut dan hanya digunakan menurunkan kecemasan, mengukur suhu emosi, dan bertanya untuk klarifikasi.Referensi
Abdullah, Abdulhamid, and Nasheer Abdullah Al Gholy. 1991. “Usus I’daad Al-Kutub Al-Ta’liimiyah Li Ghoiri Al-Nathiqiina Bi Al-Arabiyah.â€
Altuwairesh, Nasrin. 2016. “EFL Saudi Undergraduate Students’ Use of Metacognitive Listening Strategies.†Arab World English Journal 7 (1): 78–93. https://doi.org/10.24093/awej/vol7no1.6.
Asrori, Imam. 2014. Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.
Bao, Dat, and Cheng Guan. 2019. “Listening Strategies.†The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, no. January 2019: 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0588.
Barnwell, David, J. Michael O’Malley, and Anna Uhl Chamot. 1991. “Learning Strategies in Second Language Acquisition.†Language 67 (2): 416. https://doi.org/10.2307/415153.
Chamot, Ana Uhl, and Others. 1987. “A Study of Learning Strategies in Foreign Language Instruction. First Year Report.†https://eric.ed.gov/?id=ED352824.
Fedderholdt, Karen. 1998. “Using Diaries to Develop Language Learning Strategies.†JALT Publication. 1998. https://jalt-publications.org/tlt/articles/2282-using-diaries-develop-language-learning-strategies.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Liu, Jing. 2010. “Language Learning Strategies and Its Training Model.†International Education Studies 3 (3): 100–104. https://doi.org/10.5539/ies.v3n3p100.
Muhidin, Aeng. 2017. Statistika Pendidikan: Pendekatan Berbasis Kinerja. Edited by Saiful Anwar. 1st ed. Banten: Unpam Press.
Rahimi, Mehrak, and Maral Katal. 2012. “Metacognitive Listening Strategies Awareness in Learning English as Aforeign Language: A Comparison between University and High-School Students.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 31 (2011): 82–89. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.020.
Song, Wang. 2016. “Listening Comprehension Strategies Used By EFL Postgraduate Students.†University of Malaya.
Stanchina, Carolyn Henner. 1987. “Autonomy as Metacognitive Awareness: Suggestions for Training Self-Monitoring of Listening Comprehension.†Melanges Pedagogiques, 69–84. https://www.atilf.fr/wp-content/uploads/publications/MelangesCrapel/file-17-6-1.pdf.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Ed. Revisi. Bandung: Angkasa.
Vandergrift, Larry. 2003. “Orchestrating Strategy Use: Towards a Model of the Skilled L2 Listener.†Language Learning 53 (September): 461–94.
Vandergrift, Larry, and Marzieh H. Tafaghodtari. 2010. “Teaching L2 Learners How to Listen Does Make a Difference: An Empirical Study.†Language Learning 60 (2): 470–97. https://doi.org/10.1111/j.1467-9922.2009.00559.x.
Vandergrift, Laurens. 1997. “The Comprehension Strategies of Second Language (French) Listeners: A Descriptive Study.†Foreign Language Annals 30 (3): 387–409. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.1997.tb02362.x.
Wekke, Ismail Suardi. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Ed. 1, Cet. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ManiCQAAQBAJ&lpg=PR6&ots=74-DDtbeKw&dq=praktik bahasa arab&lr&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q=praktik bahasa arab&f=false.
Zarkasyi, Ahmad Hidayatullah, Gita Hanina, and Siti Anne Barkah Nur Fauziah. 2022. “Teaching Aids Development for Arabic Lessons to Enhance Student’s Reading Skills.†Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 9 (1): 124–36. https://doi.org/10.15408/a.v9i1.25496.
بن سعدون, مهدي, and أمينة لكØÙ„. 2022. “الممارسة اللغوية وأثرها ÙÙŠ تنمية المهارات اللغوية -السنة الثانية ابتدائي نموذجا-,†July. http://dspace.univ-tiaret.dz:80/handle/123456789/2247.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Moh Sholeh Afyuddin, M. Syamsul Ma'arif
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.