Issues of Radicalism and The Part of The Counselor In Islamic Premise School
DOI:
https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i2.6957Kata Kunci:
Radicalism Issues, era society 5.0, educational institutionAbstrak
Radikalisme menjadi isu yang sangat penting untuk dikaji akhir-akhir ini, menurut Cross (2013) radikalisme merupakan istilah dalam lingkup gerakan sosial maupun politik yang berarti sebuah proses, praktik, atau serangkaian keyakinan dari keadaan non-radikal menjadi radikal. Sesuai dengan pendapat Cross tersebut radikalisme senantiasa dilabelkan pada kelompok sosial dan bahkan sosial pendidikan yang basis islam yang mencoba untuk menerapkan berbagai aturan-aturan yang sesuai syariah islam didalamnya. Masalahnya, kelompok sosial pendidikan atau kelompok sekolah yang mendapat label tersebut mendapat branding negative disebagian masyarakat. Sedangkan Era society 5.0 merupakan era keterbukaan yang menuntut masyarakat berpikir terbuka dalam rangka menuju masyarakat yang super smart dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknelogi. Penelitian ini menggunakan metode library research yakni metode yang digunakan dengan mengumpulkan informasi dan data secara mendalam melalui literature, buku, catatan, majalah dan referensi lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa isu radikalisme tidak sesuai dengan era society 5.0 yang menuntut masyarakat smart dalam beraktifitas dan menerima informasi. Sehingga konselor di lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat sentral dalam memberikan informasi smart kepada siswa melalui berbagai macam layanan konseling. Hasil dari penelitian ini pun menunjukkan isu radikalisme memang benar adanya di lembaga pendidikan umum dan lembaga pendidikan dengan basis islam sehingga konselor sekolah menjadi ujung tombak dalam rangka menangkal radikalisme di sekolahReferensi
Abdullah, A. (2016). Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis. ADDIN, 10(1), 1–28. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1127
Dalimunthe, D. (2016). Kajian Proses Islamisasi di Indonesia (Studi Pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115–125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467
Hidayati, H. (2019). Pandangan Mahasiswa Terhadap Radikalisme (Studi Penelitian Deskriptif di UIN Mataram). JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 13(2), 152–168. https://doi.org/10.20414/jpk.v13i2.789
Karyanto, U. B. (2017). Pendidikan Karakter: Sebuah Visi Islam Rahmatan Lil Alamin. Edukasia Islamika, 191–107. https://doi.org/10.28918/jei.v2i2.1668
Kementerian Agama (2017) Waspadai Gerakan Radikalisme di Lembaga Pendidikan Keagamaan. https://jateng.kemenag.go.id/2017/10/waspadai-gerakan-radikalisme-di-lembaga-pendidikan-keagamaan/
Margianto Heru (2021) Waspada, Radikalisme Sasar Generasi Muda Indonesia, https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/20/124608765/waspada-radikalisme-sasar-generasi-muda-indonesia?page=all.
Nafila, N., Budianto, A. A., & Rahmawati, R. K. N. (2021). Pengaruh komunitas di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Kelas VIII terhadap kepribadian santri. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 123–128. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5921
Nurfitriani, V., & B, N. R. (2020). PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGKAL POTENSI RADIKALISME BERAGAMA PADA REMAJA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 146–150. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1198
Qodir, Z. (2018). Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.37127
Rasyid, M. M. (2016). Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif Kh. Hasyim Muzadi. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1), 93–116. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.93-116
Supriadin Jawa. (2021). Puluhan Remaja Garut Terpapar Radikalisme NII, Begini Doktrinnya yang Melenceng. https://www.liputan6.com/regional/read/4678874/puluhan-remaja-garut-terpapar-radikalisme-nii-begini-doktrinnya-yang-melenceng
Syakur, M., & Budianto, A. A. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19. Maddah, 3(2), 133–139.
Ummah, S. c. (2012). Akar Radikalisme Islam Di Indonesia. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hum.v12i1.3657
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ahmad Andry Budianto, Zainullah Zainullah, Agus Saifuddin Amin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.