The Role of Santri to Against Hoaxes
The Study on the Role of Santries in spreading of Islam Rahmatan Lil Alamin on social media
DOI:
https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i2.7097Kata Kunci:
santri, hoax, islam rahmatan lil alaminAbstrak
Melawan hoax, tanggung jawab semua orang Hoax merupakan bagian dari kejahatan yang harus diberantas karena meresahkan masyarakat. Santri punya kewajiban melawan hoax. Melalui gerakan literasi, kaum sosialis dapat menutup celah penyebaran virus hoax. Peran Santri dalam membentuk gerakan literasi membuat masyarakat sadar akan ilmu yang diberikan Santri melalui media. Pemanfaatan website pesantren sebagai media aktualisasi pemikiran santri tentang ajaran Islam yang rahmah merupakan bagian dari cyber jihad. Selain itu, kegiatan dakwah seperti kajian kitab klasik, salat berjamaah, diskusi, dan lain sebagainya merupakan bagian dari pengenalan kepada dunia global bahwa Islam adalah agama ramah yang dapat disebarkan melalui peran santri di pondok pesantren. Penelitian ini fokus pada analisis dokumen pada media sosial pesantren, dimana santri merupakan media resmi pesantren di Madura.Referensi
Abdurrahman Wahid. (1999). Pondok Pesantren Masa Depan;Wacana pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Abdurrahman Wahid.
Al-Manzur, J. al-D. I. (1993). Lisan al-Lisan tahdhib al-lisan al-arab (1st ed.). Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al Ahmad al-jurjawy. (1984). Hikmah al-Tashri wa falsafatuha. Dar al-Fikr.
Bonner, M. (2006). Jihad in Islamic History. Princeton University Press. https://doi.org/10.1515/9781400827381
Hatta Fakhrurrozi. (2021). Pesantren Virtual: Dinamisasi atau Disrupsi Pesantren. Jurnal Paedagogia, 10(1), 153–169.
Hidayatullah, A. F. (2016). TWITTER SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Teknoin, 22(1), 34. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol22.iss1.art5
Ilyasin, M. (2020). Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum. Dinamika Ilmu, 13–22. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.2006
Martin van, B. (1994). Pesantren and Kitab Kuning: maintenance and continuation of a tradition of religious learning, in Wolfgang Marschall (ed.), Texts from the islands. Oral and written traditions of Indonesia and the Malay world (Ethnologica Bernica, 4). University of Berne.
Mastuhu. (1994). Dinamika sistem Pendidikan Pesantren. INIS.
Maulana, L. (2017). Kitab Suci dan Hoax: Pandangan Alquran dalam Menyikapi Berita Bohong. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 209–222. https://doi.org/10.15575/jw.v2i2.1678
Muhyiddin. (2017). Pertumbuhan Pesantren di Indonesia Dinilai Menakjubkan. Republika.Co.Id.
Oxford univesity. (2011). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. oxford unversity press.
Patriadi, H. B., Bakar, M. Z. A., & Hamat, Z. (2015). Human Security in Local Wisdom Perspective: Pesantren and its Responsibility to Protect People. Procedia Environmental Sciences, 28, 100–105. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2015.07.015
Putra, Guntur Yayus, and S. P. (2021). Mengungkap Perekrutan Jaringan Kelompok Teror Muhajirin At-Tauhid (MAT) Di Media Sosial. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2247–2262.
Rizaldi, N. I. N., Putri, A. S., Fajriansyah, M. A., & Luthfiah, Z. (2022). Adopsi Teknologi pada Pesantren Menuju Generasi Rabbani. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 125–138. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.307
Sayono, J. (2005). PERKEMBANGAN PESANTREN DI JAWA TIMUR (1900-1942). JURNAL BAHASA DAN SENI, 1(33), 59.
Yatim, B. (2013). Sejarah Peradaban Islam. Rajawali Press.
Zainuddin Syarif. (2018). Dinamisasi Manajemen Pendidikan Pesantren; Dari Tradisional Hingga Modern (2nd ed.). Duta Media Publishing.
Zamakhsyari Dhofier. (1982). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Samsul AR

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.