Al-Mawaad At-Ta'limiyah li Kitaabi Al-Jurumiyah bi Syaklin Aakhar

At-Tatwir bi Syighati Nadzam Bahar Rajaz

Penulis

  • Humaidi Humaidi Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
  • Mutmainah Mutmainah Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan
  • Moh. Fahrullah Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.58223/alirfan.v7i1.7293

Kata Kunci:

Development of teaching materials, kitab jurmiyah, nadzam bahar rajaz

Abstrak

Bahan ajar yang digunakan oleh guru hendaknya dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa, serta mendorong terciptanya inovasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Untuk itu, guru tidak hanya dapat menggunakan bahan ajar saja, tetapi juga mampu mengembangkan bahan ajar sendiri dan mendesain menyusun materi pelajaran yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan materi pembelajaran kitab jurumiyah berbasis nadham bahar rajaz, serta mengetahui efektivitas pengembangan materi bahan ajar kitab jurmiyah dalam bentuk bahar rajaz pada kelas empat di pondok pesantren syaikhona moh. Kholil bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick dan Gary dengan lima langkah prosedur yaitu ADDIE. Dengan menggunkan evaluasi pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan penggunaan materi pembelajaran, hasil test dilakukan sebanyak dua kali pada dua kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar, hasilnya uji coba kelompok kecil mengahasilkan angka T tailed 0,000 dan kelompok besar 0,001 yang artinya lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dikembangkan efektif.

Referensi

R. Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran (تصميم التعليم ), (Jakarta: Rineka Cipta, 2003, 100

Gunawan, H., Suhartini, A., Nurshobah, A., & Rifa’i, I. (2020). Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah. Dialog, 41(2), 237–248. https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.305

Barokati, B. (2023). Penerapan Nadzam Sebagai Media Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Mapel Pai Dalam Pembelajaran Aqidah. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(4), 413-420. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i4.1926

SEGAF BAHARUN. (2022). إعداد الكتاب المصاحب لكتاب الآجرومية لترقية مهارة القراءة لدى الطلاب ÙÙŠ المستوى الإبتدائي الساكنين ÙÙŠ الغرÙØ© 11 بدلوى الرابع. PESAT, 8(4), 135–154. Retrieved from https://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/102

Heri Gunawan ; Andewi Suhartini ; Asep Nurshobah ; Ilyas Rifa'i.Jurnal Dialog, Jurnal Penelitian Dan Kajian Keagamaan. Artikel. 8 Volume. 41, No. 2 Desember 2014 : Developmen Of Qawaid Nahwiyah Learning Materials In The Book Of Al-jurumiyah / Penangung Jawab: Abdurrahman Mas'ud .2018

Syafe’i, A. ., Purnama Taufik, D. ., Alawiyah, S. ., Aulia Rasyid, Y. ., & Gamayanti, W. . (2022). Implementasi Metode Nadzom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Agama Bagi Anak-Anak Di Masa Pandemi. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(45), 107–122. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/765

Rizqi Elzahra, Hilda. (2022). Metode Muhafadhoh Nadhom Aqidatul Awwam Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal). Vol 32, No 2 (2022). DOI: 10.24235/ath.v32i2.11792

Mochammad Chairudin, Retno Mustika Dewi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Vol 3, No 3 (2021).

DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.491

Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2015), hlm. 79

Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2015)

Anggara, S. A., & Habib, M. T. (2018). الأسس المهمة ÙÙŠ تطوير المواد التعليمة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية. Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 85–96. https://doi.org/10.38073/LUGHAWIYYAT.V1I2.133

gatri, W. (2021). TAGHYIRATU AL-AWZAN AL-A’RUDHIYAH FI NADZMI TUHFATU AL-ATHFAL LI SULAIMAN IBNI HASAN AL-JAMZURI (DIRASAH FI ’ILMI AL-’ARUDH).

Hardiansyah, H. (2019). Teaching material development of natural environment based on mobile learning on elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, Issue 7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077075

Hasaniyah, N. (2023). Development of Arabic Speaking Teaching Materials based on Tourism Anthropology: A Validator’s Assessment. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 1130–1143. https://doi.org/10.15379/IJMST.VI.1342

Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-13

Cara Mengutip

Humaidi, H., Mutmainah, M., & Fahrullah, M. (2024). Al-Mawaad At-Ta’limiyah li Kitaabi Al-Jurumiyah bi Syaklin Aakhar : At-Tatwir bi Syighati Nadzam Bahar Rajaz. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.58223/alirfan.v7i1.7293

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.