Al-Mawaad At-Ta'limiyah li Kitaabi Al-Jurumiyah bi Syaklin Aakhar
At-Tatwir bi Syighati Nadzam Bahar Rajaz
DOI:
https://doi.org/10.58223/alirfan.v7i1.7293Kata Kunci:
Development of teaching materials, kitab jurmiyah, nadzam bahar rajazAbstrak
Bahan ajar yang digunakan oleh guru hendaknya dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa, serta mendorong terciptanya inovasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Untuk itu, guru tidak hanya dapat menggunakan bahan ajar saja, tetapi juga mampu mengembangkan bahan ajar sendiri dan mendesain menyusun materi pelajaran yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan materi pembelajaran kitab jurumiyah berbasis nadham bahar rajaz, serta mengetahui efektivitas pengembangan materi bahan ajar kitab jurmiyah dalam bentuk bahar rajaz pada kelas empat di pondok pesantren syaikhona moh. Kholil bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick dan Gary dengan lima langkah prosedur yaitu ADDIE. Dengan menggunkan evaluasi pre-test dan post-test untuk mengetahui keefektifan penggunaan materi pembelajaran, hasil test dilakukan sebanyak dua kali pada dua kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar, hasilnya uji coba kelompok kecil mengahasilkan angka T tailed 0,000 dan kelompok besar 0,001 yang artinya lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dikembangkan efektif.Referensi
R. Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran (تصميم التعليم ), (Jakarta: Rineka Cipta, 2003, 100
Gunawan, H., Suhartini, A., Nurshobah, A., & Rifa’i, I. (2020). Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah. Dialog, 41(2), 237–248. https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.305
Barokati, B. (2023). Penerapan Nadzam Sebagai Media Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Mapel Pai Dalam Pembelajaran Aqidah. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(4), 413-420. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i4.1926
SEGAF BAHARUN. (2022). إعداد الكتاب المصاØب لكتاب الآجرومية لترقية مهارة القراءة لدى الطلاب ÙÙŠ المستوى الإبتدائي الساكنين ÙÙŠ الغرÙØ© 11 بدلوى الرابع. PESAT, 8(4), 135–154. Retrieved from https://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/102
Heri Gunawan ; Andewi Suhartini ; Asep Nurshobah ; Ilyas Rifa'i.Jurnal Dialog, Jurnal Penelitian Dan Kajian Keagamaan. Artikel. 8 Volume. 41, No. 2 Desember 2014 : Developmen Of Qawaid Nahwiyah Learning Materials In The Book Of Al-jurumiyah / Penangung Jawab: Abdurrahman Mas'ud .2018
Syafe’i, A. ., Purnama Taufik, D. ., Alawiyah, S. ., Aulia Rasyid, Y. ., & Gamayanti, W. . (2022). Implementasi Metode Nadzom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Agama Bagi Anak-Anak Di Masa Pandemi. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(45), 107–122. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/765
Rizqi Elzahra, Hilda. (2022). Metode Muhafadhoh Nadhom Aqidatul Awwam Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal). Vol 32, No 2 (2022). DOI: 10.24235/ath.v32i2.11792
Mochammad Chairudin, Retno Mustika Dewi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Vol 3, No 3 (2021).
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.491
Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2015), hlm. 79
Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2015)
Anggara, S. A., & Habib, M. T. (2018). الأسس المهمة ÙÙŠ تطوير المواد التعليمة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية. Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 85–96. https://doi.org/10.38073/LUGHAWIYYAT.V1I2.133
gatri, W. (2021). TAGHYIRATU AL-AWZAN AL-A’RUDHIYAH FI NADZMI TUHFATU AL-ATHFAL LI SULAIMAN IBNI HASAN AL-JAMZURI (DIRASAH FI ’ILMI AL-’ARUDH).
Hardiansyah, H. (2019). Teaching material development of natural environment based on mobile learning on elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, Issue 7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077075
Hasaniyah, N. (2023). Development of Arabic Speaking Teaching Materials based on Tourism Anthropology: A Validator’s Assessment. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 1130–1143. https://doi.org/10.15379/IJMST.VI.1342
Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Humaidi Humaidi, Mutmainah Mutmainah, Moh. Fahrullah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi :
Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies is published under conditions Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author for the original work.