Pemahaman Islam dan Kristen Menurut Pandangan M. Talbi ‘Iyalullah: Afkar Jadidah Fi ‘Alaqah Al–Muslimin’
As the object of Muslim-Christian dialogue, M. Talbi studied the heritage of the spiritual value of a religion that follows the biblical tradition
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3300Kata Kunci:
M. Talbi, Dialogue, Muslim, Christian.Abstrak
Dalam pandangan M. Talbi, kita melihat suatu dimensi yang lebih praktis daripada dalam pandangan Arkoun, dan lain–lain. M. Talbi menggambarkan dialog sebagai salah satu bagian yang penting bagi manusia untuk menjadi religius dan manusiawi, menjadi seorang yang sepenuhnya berserah diri kepada kehendak Allah. Orang Kristen dan Muslim bersama-sama membuat perdamaian dan keadilan antara dua komunitas agama. Sebagai objek dari dialog Muslim–Kristen, M. Talbi mempelajari warisan nilai spiritual dari agama yang mengikuti tradisi alkitabiah. Talbi juga menjelaskan bahwa dari perspektif Qur’aniah, dialog merupakan suatu persoalan keagamaan yang diperintahkan oleh Wahyu. Seluruh Wahyu sebagaimana dilihat oleh M. Talbi dalam kalimat Qur’an, memerintahkan manusia, Nabi, Umat Muslim, untuk terlibat dalam dialog dengan manusia pada umumnya, dan khususnya dengan orang–orang beriman dari agama kitab. Inti dari pemahaman keagamaan tentang dialog adalah “rekonsiliasi atau penyelenggaraan hubungan baruâ€.Referensi
Al-Mukhassass d'Ibn Sïda: études et index, éd. Imprimerie Officielle, Tunis, 1956
Biographies Aghlabides Extraites des Madarik du Cadi IyÄd (Critical Edition), éd. Imprimerie Officielle De La République Tunisienne, Tunis, 1968.
Étude d’histoire ifrîqiyenne et de Civilisation Musulmane Médiévale, éd. Université de Tunis, Tunis, 1982.
Histoire Générale de la Tunisie (Collective Book), Tome II « Le Moyen Âge », éd. Société Tunisienne de Diffusion, Tunis, 1965.
Ibn Khaldûn et l'Histoire, éd. Société Tunisienne De Diffusion, Tunis, 1965, Rééd. Maison Tunisienne De L'édition, Tunis, 1973, rééd. Cartaginoiseries, Carthage, 2006.
Imam Feisal Abdul Rauf. -. Co-founder and Chairman of the Board of the Cordoba Initiative; Founder of the ASMA Society (American Society forMuslim Advancement); Imam of Masjid Al-Farah, NY, NY, USA.
Islam en dialogue, éd. Maison Tunisienne D'édition, Tunis, 1970.
Islam et Dialogue, Réflexion Sur un Thème D'actualité, éd. Maison Tunisienne D'édition, Tunis, 1972.
Jordan. 2009. A Common Word Between Us and You. The Royal Aal Al–Bayt Institute For Islamic Thought.
L'émirat aghlabide (186-296/800-909): Histoire Politique, éd. Adrien Maisonneuve, Paris, 1966 (ISBN 2-7200-0493-6).
Lih. Giulio Basetti–Sani, O. F. M. Louis Massignon (1883–1962), Christian Ecumenist. Prophet of Intereligious Reconciliation; Diedit dan Diterjemahkan oleh Allan Harris Cutler (Chicago, 1974).
Muslim in Dialogue, hlm. 472–472 (kursif, oleh penulis)
Naumann, Nils. 2013. Harapan Kaum Muslim Terhadap Paus Fransiskus. http://www.dw.com/id/harapan-kaum-muslim-terhadap-paus-fransiskus/a-16681321
W.M. Watt. Islamic Revelation in the Modern World, Edinburgh, 1970, hlm. 121, dikutip oleh Talbi dalam “Islam and Dialogueâ€, hlm. 88. Untuk informasi lebih lanjut mengenai posisi Watt tentang pokok ini, lihat W.M. Watt, “Thoughts on Muslim–Christian Dialogueâ€, dalam Hamdard Islamicus, Vol. I Number 1 (Summer, 1978), hlm. 1–52; Idem, Islam and Christianity Today. A Contribution to Dialogue, London 1983 (edisi Bahasa Indonesia, Islam dan Kristen. Suatu Sumbangan Pemikiran untuk Dialog, diterjemahkan oleh E. Syafrudien, Jakarta 1991); Idem, Muslim–Christian Encounters, London 1991.
Woly, Nicolas, J. 2008. Perjumpaan di Serambi Imam: Suatu Studi Tentang Pandangan Para Teolog Muslim dan Kristen Mengenai Hubungan Antar Agama. Jakarta: Gunung Mulia
Referensi Buku:
Biografi singkat M. Talbi yang dikutip dari beberapa sumber: Muslim In Dialogue, hlm. 473.
Biografi singkat M. Talbi yang dikutip dari beberapa sumber: Muslim In Dialogue, hlm. 111: Christianity Through Non–Christian Eyes, hlm. 82: Richard J. Rousseau, S.J (peny.), Christianity and Islam: The Struggling Dialogue (Pennsylvania 1985), hlm. 53.
Esai ini adalah bentuk final dari kuliah yang diberikannya di Roma dan Tunis. Versi Bahasa Inggris dipublikasikan untuk pertama kali dalam Encounter: Documents for Muslim–Christian Understanding, No. 11 & 12, Januari and February 1975. Kemudian diterbitkan kembali dua kali: pertama dalam Rousseau (peny.), Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 53–73, dan kemudian dalam Griffiths (peny.), Christianity Through Non–Christian Eyes, hlm. 82–101. Studi ini menggunakan versi dalam Griffiths dan selanjutnya disebut sebagai “Islam and Dialogueâ€.
Ibid, loc. Cit: Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 84; Terjemahan dan Transliterasi Ayat–ayat Qur’an adalah oleh Talbi (Penulis bertanggungjawab untuk terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia).
Ibid, loc. Cit: Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 54; Terjemahan dan transliterasi ayat–ayat Qur’an adalah oleh Talbi (Penulis bertanggungjawab untuk terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia)
Ibid, hlm. 90–91 (Kursif oleh Talbi, sedangkan tambahan dalam kurung oleh penulis). Penulis bernama Woly, Nicolas, J. 2008. Perjumpaan di Serambi Imam: Suatu studi tentang Pandangan Para Teolog Muslim dan Kristen Mengenai Hubungan Antar Agama. Jakarta: Gunung Mulia.
Lihat Askari, Spiritual Quest, hlm. 24–28; Inter–Religion, hlm. 122-128.
Muslim in Dialogue, hlm. 472–472 (kursif, oleh penulis)
Studi ini merujuk pula esai Talbi “Religious Liberty: A Muslim Perspective†dalam Muslims in Dialogue, hlm. 465–482. Esai ini diterbitkan dalam L. Swidler (peny.), Religious Liberty and Human Rights in Nations and in Religions (Philadelphia / New York, 1987), hlm. 175–187
Referensi lain:
http://www.dw.com/id/masa-depan-agama-di-dunia/g-37344902. Masa Depan Agama di Dunia.
Biographies Aghlabides Extraites des Madarik du Cadi IyÄd (Critical Edition), éd. Imprimerie Officielle De La République Tunisienne, Tunis, 1968.
Étude d’histoire ifrîqiyenne et de Civilisation Musulmane Médiévale, éd. Université de Tunis, Tunis, 1982.
Histoire Générale de la Tunisie (Collective Book), Tome II « Le Moyen Âge », éd. Société Tunisienne de Diffusion, Tunis, 1965.
Ibn Khaldûn et l'Histoire, éd. Société Tunisienne De Diffusion, Tunis, 1965, Rééd. Maison Tunisienne De L'édition, Tunis, 1973, rééd. Cartaginoiseries, Carthage, 2006.
Imam Feisal Abdul Rauf. -. Co-founder and Chairman of the Board of the Cordoba Initiative; Founder of the ASMA Society (American Society forMuslim Advancement); Imam of Masjid Al-Farah, NY, NY, USA.
Islam en dialogue, éd. Maison Tunisienne D'édition, Tunis, 1970.
Islam et Dialogue, Réflexion Sur un Thème D'actualité, éd. Maison Tunisienne D'édition, Tunis, 1972.
Jordan. 2009. A Common Word Between Us and You. The Royal Aal Al–Bayt Institute For Islamic Thought.
L'émirat aghlabide (186-296/800-909): Histoire Politique, éd. Adrien Maisonneuve, Paris, 1966 (ISBN 2-7200-0493-6).
Lih. Giulio Basetti–Sani, O. F. M. Louis Massignon (1883–1962), Christian Ecumenist. Prophet of Intereligious Reconciliation; Diedit dan Diterjemahkan oleh Allan Harris Cutler (Chicago, 1974).
Muslim in Dialogue, hlm. 472–472 (kursif, oleh penulis)
Naumann, Nils. 2013. Harapan Kaum Muslim Terhadap Paus Fransiskus. http://www.dw.com/id/harapan-kaum-muslim-terhadap-paus-fransiskus/a-16681321
W.M. Watt. Islamic Revelation in the Modern World, Edinburgh, 1970, hlm. 121, dikutip oleh Talbi dalam “Islam and Dialogueâ€, hlm. 88. Untuk informasi lebih lanjut mengenai posisi Watt tentang pokok ini, lihat W.M. Watt, “Thoughts on Muslim–Christian Dialogueâ€, dalam Hamdard Islamicus, Vol. I Number 1 (Summer, 1978), hlm. 1–52; Idem, Islam and Christianity Today. A Contribution to Dialogue, London 1983 (edisi Bahasa Indonesia, Islam dan Kristen. Suatu Sumbangan Pemikiran untuk Dialog, diterjemahkan oleh E. Syafrudien, Jakarta 1991); Idem, Muslim–Christian Encounters, London 1991.
Woly, Nicolas, J. 2008. Perjumpaan di Serambi Imam: Suatu Studi Tentang Pandangan Para Teolog Muslim dan Kristen Mengenai Hubungan Antar Agama. Jakarta: Gunung Mulia
Referensi Buku:
Biografi singkat M. Talbi yang dikutip dari beberapa sumber: Muslim In Dialogue, hlm. 473.
Biografi singkat M. Talbi yang dikutip dari beberapa sumber: Muslim In Dialogue, hlm. 111: Christianity Through Non–Christian Eyes, hlm. 82: Richard J. Rousseau, S.J (peny.), Christianity and Islam: The Struggling Dialogue (Pennsylvania 1985), hlm. 53.
Esai ini adalah bentuk final dari kuliah yang diberikannya di Roma dan Tunis. Versi Bahasa Inggris dipublikasikan untuk pertama kali dalam Encounter: Documents for Muslim–Christian Understanding, No. 11 & 12, Januari and February 1975. Kemudian diterbitkan kembali dua kali: pertama dalam Rousseau (peny.), Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 53–73, dan kemudian dalam Griffiths (peny.), Christianity Through Non–Christian Eyes, hlm. 82–101. Studi ini menggunakan versi dalam Griffiths dan selanjutnya disebut sebagai “Islam and Dialogueâ€.
Ibid, loc. Cit: Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 84; Terjemahan dan Transliterasi Ayat–ayat Qur’an adalah oleh Talbi (Penulis bertanggungjawab untuk terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia).
Ibid, loc. Cit: Christianity and Islam: The Struggling Dialogue, hlm. 54; Terjemahan dan transliterasi ayat–ayat Qur’an adalah oleh Talbi (Penulis bertanggungjawab untuk terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia)
Ibid, hlm. 90–91 (Kursif oleh Talbi, sedangkan tambahan dalam kurung oleh penulis). Penulis bernama Woly, Nicolas, J. 2008. Perjumpaan di Serambi Imam: Suatu studi tentang Pandangan Para Teolog Muslim dan Kristen Mengenai Hubungan Antar Agama. Jakarta: Gunung Mulia.
Lihat Askari, Spiritual Quest, hlm. 24–28; Inter–Religion, hlm. 122-128.
Muslim in Dialogue, hlm. 472–472 (kursif, oleh penulis)
Studi ini merujuk pula esai Talbi “Religious Liberty: A Muslim Perspective†dalam Muslims in Dialogue, hlm. 465–482. Esai ini diterbitkan dalam L. Swidler (peny.), Religious Liberty and Human Rights in Nations and in Religions (Philadelphia / New York, 1987), hlm. 175–187
Referensi lain:
http://www.dw.com/id/masa-depan-agama-di-dunia/g-37344902. Masa Depan Agama di Dunia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-08-13
Cara Mengutip
Rakhmawati, E., Abdullah, M. A., & Suyati., T. (2019). Pemahaman Islam dan Kristen Menurut Pandangan M. Talbi ‘Iyalullah: Afkar Jadidah Fi ‘Alaqah Al–Muslimin’: As the object of Muslim-Christian dialogue, M. Talbi studied the heritage of the spiritual value of a religion that follows the biblical tradition. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1086–1102. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3300
Terbitan
Bagian
Articles