Pengembangan Karakter Toleran Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa di SDN Pajagalan 2 Kabupaten Sumenep

Penulis

  • Ike Yuli Mestika Dewi STKIP PGRI Sumenep
  • Debrine Stefany

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3781

Kata Kunci:

Pengembangan, Karakter Toleran, Pendekatan Saintifik, IPA

Abstrak

Pendidikan dianggap menjadi sarana yang strategis dalam membentuk karakter bangsa, sehingga dapat menyelesaikan problem sosial kehidupan bangsa yang mulai kehilangan karakter sebgai bangsa yang beradab. Reorientasi proses pendidikan sebagai pusat pendidikan masyarakat, sejatinya harus direvitalisasi kembali secara utuh, sehingga dunia pendidikan dapat menjadi pusat dan tempat yang tepat dalam melakukan pemberdayaan terhadap anak didik, termotivasi dan terbebaskan dari ketidakberdayaannya. Pendidikan yang berkarater menjadi mutlak dilakukan sejak dini, khususnya dalam pendidikan tingkat dasar melalui pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Dengan pendekatan saintifik, pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi salah satu jalan dalam memperkuat karakter anak didik, sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam  pembangunan bangsa menuju bangsa yang berkarakter. Penelitian yang dikembangkan oleh penulis ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang ditekankan pada pengembangan perangkat pembelajaran terpadu sekolah dasar tipe nested pada pembelajaran IPA untuk mengembangkan karakter toleran siswa. Penerapan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian The One Group Pretest-Postest Design. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 teknik, yaitu observasi, tes dan angket. Dengan sejumlah perangkat yang dikembangkan selama proses kajian, telah mampu menumbuhkan sikap toleran siswa secara efektif. Berbagai indikator toleran sebagaimana dijelaskan di atas, telah mampu menjadi bagian dari sikap siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai barometer dalam pengembangan materi-materi yang lain. Hasil rekap penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa yang ditekankan pada sejumlah aspek, baik aspek kedamaian, menghargai perbedaan maupun kesadaran, secara umum telah mencapai angka berkisar 76 sampai 100. Hal itu menegaskan bahwa proses pembelajaran IPA yang dilakukan, telah mampu memberikan dampak yang positif dalam pengembangan karakter toleran di kalangan siswa.

Referensi

Al-Hamidy, Abu Dzarri. 2008. Sarung & Demokrasi Dari NU untuk Perdaban Keindonesiaan. Surabaya : Khalista.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fathul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogjakarta : Ar-ruzz Media.
Komalasari, Kokom -Didin Saripudin. 2017. Pendidikan Karakter : Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung : Refika Aditama.
Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara.
Poespowardojo, Soerjanto – Frans M. Parera. 1994. Pendidikan Wawasan Kebangsaan : Tantangan dan Dinamika Perjuangan Kaum Cendikiaan Indonesia. Jakarta : PT. Grasindo.
Thomas Lickona. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggungjawab.Jakarta : Bumi Aksara.
Thomas Lickona. 2013. Character Matters (Persoalan Karakter) : Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebijakan Penting Lainnya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Trianto.2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wiyani, Novan Andry. 2014. Membumikan Pendidikan Karakter di SD Konsep, Praktek dan Strategi. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Zainal Aqib – Sujak.2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/M.Ts, SMA/MA, SMK/MAK. Bandung : Penerbit Yrama Widya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-06

Cara Mengutip

Dewi, I. Y. M., & Stefany, D. (2020). Pengembangan Karakter Toleran Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa di SDN Pajagalan 2 Kabupaten Sumenep. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02), 1292–1307. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3781

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.