Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Serba Usaha Ribath Darul Maslahah di Masjid Besar Arribath Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

Authors

  • Ali Samsuri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Amrul Muttaqin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Ekonomi,, Koperasi,, Masjid

Abstract

Dari beberapa permasalahan berdasarkan pemetaan permasalahan yang dilakukan pada awal kegiatan pengabdian ini yang menjadi penyebab terhambatnya perkembangan Koperasi Ribath Darul Maslahah Masjid Agung Arribath Kabupaten Jogoroto antara lain lainnya, adalah: 1) Persepsi Masyarakat; 2) Sumber Daya Manusia; 3) Manajemen Manajemen; dan 4) Permodalan. Namun setelah dilakukan sosialisasi dan pelatihan, beberapa permasalahan tersebut dapat teratasi walaupun belum sepenuhnya teratasi. Terbukti dari sisi anggota koperasi, dengan adanya pelatihan koperasi anggota dapat memahami keberadaan secara mendalam karena koperasi berkaitan dengan keuangan utamanya sehingga anggota memahami perhitungan debet kredit dan keuntungan berdasarkan RAT setiap tahunnya. Kondisi keberadaan koperasi saat ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, dengan persentase yang sangat kecil akibat adanya pandemi covid-19 yang berdampak sangat besar pada sektor ekonomi dan pendapatan masyarakat. Jika pendapatan masyarakat meningkat, maka simpanan pokok dan simpanan sukarela dapat ditingkatkan. Sehingga kemampuan koperasi untuk mengembangkan usahanya semakin luas. Akhirnya dapat lebih meningkatkan pendapatan anggota dan masyarakat sekitar.

References

Agussalim Sitompul, 2012, "Tahap-tahap Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat", dalam Metodologi Pengabdian pada Masyarakat, Yogyakarta: LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Aunisy Syarif Qasim,2012, Agama Sebagai Pegangan Hidup, terjemahan Ahmad Chumaidi Umar dkk, Semarang: Toha Putra.

Departemen Agama, 2006, Al-Qur'an dan terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir al-Qur'an.

Departemen Agama, 2010, Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Jakarta: Departemen Agama.

Margono Slamet,2003, "Arti dan Metode Pengabdian pada Masyarakat dan Bentuk- bentuk Pelaksanaannya oleh Perguruan Tmggi", dalam Agussalim Sitompul (ed), Metodologi Pengabdian pada Masyarakat, Yogyakarta: P3M IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Helen. 2009. “Permasalahan Apa Yang Sedang Dihadapi Oleh koperasi Pada Saat Ini Dan Apa Solusinyaâ€, (Online), ( http//:/Tugas helen Permasalahan Apa Yang Sedang Dihadapi Oleh koperasi Pada Saat Ini Dan Apa Solusinya.htm/, diakses 06 April 2020).

Puspitasari, Risma. 2009. “ permasalahan yang dihadapi koperasi pada saat iniâ€, (Online), http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/ permasalahan-yang-dihadapi-koperasi-pada-saat-ini.htm/, diakses 06 april 2020).

Published

2021-09-04

How to Cite

Samsuri, A. ., & Muttaqin, A. . (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Koperasi Serba Usaha Ribath Darul Maslahah di Masjid Besar Arribath Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–15. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/4949

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.