Workshop Penguatan Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Bundah Sreseh Sampang
Keywords:
Workshop, Penguatan, Penguatan Keterampilan Dasar (KDM)Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting untuk menyampaikan informasi dari guru kepada siswa, maka dari itu pentingnya Penguatan Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Bundah Sreseh Sampang melalui Workshop, sehingga guru menjadi lebih aktif didalam proses pembelajaran dan tersampainya informasi kepada siswa lebih efektif. Dalam penelitian ini memakai dua tahap yaitu Tahab Sosialisasi dan Tahap Pelaksanaan. Hasil penelitian ini yaitu Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) terdapat keterampilan yang komleks, yang merupakan integrasi dai berbagai macam keterampilan, diantara keterampilan KDM yang berjumlah 8 yaitu: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Keterampilan Mengadakan Variasi merupakan keterampilan yang perlu diperhatikan bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Bundah Sreseh Sampang., karena pembelajaran yang efektif perlu guru yang kreatif dan berfariasinya dalam menggunakan pembelajaran di dalam kelas, maka dari itu dengan guru yang bervariasi dalam mengajar dan terjadinya interaksi baik antara siswa dan guru. akan meningkatkatkan motivasi siswa, sehingga pembelajaran menjadi efektif.References
Dra. Asmadawati, M.A, Keterampilan Mengelola Kelas, Logaritma Vol. II, No.02 Juli 2014, http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/131/1/1.%20Asmadawati%20sdh-min.pdf.
Ferny Rohmayanti, Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil Dan Perorangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, Jurnal Ilmiah Korpus, Volume III, Nomor I, April 2019.
http://repository.uin-suska.ac.id/12165/7/7.%20BAB%20II.pdf
https://eprints.uny.ac.id/9797/2/BAB%202%20-08108241051.pd
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2017/07/16/keterampilan-mengadakan-variasi/
Mas Roro Diah Wahyu Lestari, KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR, https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SN%20P/article/viewFile/2770/2267.
Juharti, Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadapmotivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 4 Pangkep, http://eprints.unm.ac.id/12946/1/JURNAL%20.pdf
Merry Safitri, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha, e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume : Vol: 2 No: 1 Tahun:2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/3288/2716.
Shella Monica, Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau, Available online at: http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation ISSN 2615–0581.
T Syarifah Farahdiba Al-Idrus, Penerapan Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus Pada Proses Mengajar Di Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1. https://media.neliti.com/media/publications/188580-ID-penerapan-keterampilan-mengadakan-varias.pdf