This is an outdated version published on 2022-10-31. Read the most recent version.

Pedampingan Manajemen Cashless di Pondok Pesantren As Sirajul Munir Desa Nepa Banyuates Sampang

Authors

  • Iftihor Iftihor Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Mahmudi Mahmudi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Munawaroh Munawaroh Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Pendampingan , Manajemen, Cashless, Kartu Sakti

Abstract

Kartu Sakti merupakan Sistem dan alat  belanja santri Pondok Pesantren As Sirajul Munir Banyuates Sampang, ide pemikiran dibuatkannya sistem tersebut untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh pondok pesantren. Permasalahan tersebut meliputi (1) uang belanja santri tidak terkontrol oleh pengurus serta adanya ketimpangan uang belanja santri yang berasal dari ekonomi yang berkecupan akan menghabiskan belanja yang banyak. Kondisi seperti ini akan menciptakan kecemburuan sosal bagi santri yang lain, pengurus segera menyikapi kondisi seperti ini karena beberapa pengamatan dan hasil evaluasi dari hasil kasus yang terjadi ada beberapa santri akan terpengaruh dengan pola hidup santri yang ekonominya berkecupan terhadap santri yang ekonominya yang lemah. (2) Sering terjadinya kasus kehilangan uang santri, berdasarkan hasil evaluasi pengurus setiap bulan, kasus kehilangan uang santri bisa terjadi setiap hari. (3) bisa mengatur uang belanja santri dengan kebijakan pesantren. (4) orang tua bisa mengontrol serta evaluasi uang belanja anaknya (5) pengurus pesantren melakukan sosialisasi sistem ini. Kegiatan pengadian masyarakat yang dilakukan ini menggunakan konsep talkshow sehingga diharapkan pengabdian masyarakat ini mampu membantu suksesnya program cashless Pondok Pesantren As Sirajul Munir Banyuates Sampang. Terdapat beberapa kekurangan dalam acara ini diantaranya belum seluruhnya santri dan wali santri hadir acara ini dan belum terlaksnananya layanan cashless digital.

References

Azmi ulil, Manjemen Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Pesantren,2020file:///C:/Users/MatriX/Downloads/46-Article%20Text- 150-1-10-20200331.pdf di akses pada Tanggal 17 September 2021 pukul 20:04.

Fitri, S. (2020). Pelatihan Pengelolaan E-Commerce pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikmah Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 273-279.

Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 160-168.

Jadid, P. P. (2020, Oktober 31). Kartu E-Bekal NJ Sebagai Akses Pelayanan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. 14 Februari 2021, p. 1.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1-3.

Syafiih, M. (2020). PKM Peningkatan Keahlian Ibu PKK di Desa Karanganyar dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) melalui Olahan Abon Ikan Laut dan Nugget. GUYUB: Journal of Community Engagement, 90-102.

Wanto, A. (2018). Pelatihan dan Bimbingan dalam Pemanfaatan Internet yang Baik dan Aman bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 149- 157.

Zayyadi, M. (2020). E-Santri Sebagai Aplikasi Pembelanjaan dan Pembayaran Mandiri oleh Santri di Pondok Pesantren Az Zubair. Jurnal Solusi Masyarakat, 300-307

Published

2022-10-31

Versions

How to Cite

Iftihor, I., Mahmudi, M., & Munawaroh, M. (2022). Pedampingan Manajemen Cashless di Pondok Pesantren As Sirajul Munir Desa Nepa Banyuates Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6124

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.