Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang

Authors

  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Siti Farida Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Badruttamam Badruttamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Fathorrahman Z Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Wildatut Thoyyibah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Pendampingan Pemanfaatan Teknologi, Sistem Pembelajaran.

Abstract

Kemajuan teknologi telah berpengaruh besar dalam segala aspek kehidupan, terkhusus dalam dunia pendidikan. Teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi informasi dan komunikasi. Dalam bidang pendidikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi difokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu, pertama, bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan sistem pembelajaran di MA Nazhatut Thullab. Kedua, apa saja teknologi yang digunakan dalam pengembangan sistem pembelajaran di MA Nazhatut Thullab. Hasil pengabdian ini: pertama, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di MA Nazhatut Thullab mengacu kepada pembelajaran berbasis out-put, out-put tersebut dapat diukur salah satunya adalah dengan menyajikan projek siswa itu ke media sosial dalam bentuk video ke channel Youtube siswa, atau yang berbasis tulisan ke Facebook atau Instagram siswa. Sehingga secara tidak langsung siswa wajib memiliki akun media sosial untuk bisa menyelesaikan penugasannya. Kedua, pemanfaatan media tersebut dikemas dalam bentuk video Dimana pemanfaatan media tersebut sebagai wadah untuk memeberikan materi atau menyebarkan materi, sehingga guru dapat mengetahui bagaimana kompetensi dan perkembangan siswa dalam memahami pembelajarannya.

References

Andriani, Tuti. Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal IJIEM UIN Suska Riau, Vol. 12, No. 1, Januari – Juni, 2015.

Butarbutar, Marisi dkk. Pendekatan Multidisipliner. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021.

Herdiawanto, Heri & Jumanto. Dasar-dasar Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana, 2021.

Kristiana Hesti Padmini, & Brigitta Putri Atika Tyagita, Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetetif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 21 November 2015.

Mamang Sangadji, Etta. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.

Mawarti, Herin dkk. Pengantar Riset Keeperawatan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Prastyo, Eko. Ternyata Penelitian Itu Mudah. Edunomi, 2015.

Sobri, Mohammad Emigawaty, Nita Rosa Damayanti. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Anggota IKAPI, 2017.

Susilowati, Yeni. Kompetensi Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran. Blitar: ISBN, 2020.

Sutiah. Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran PAI. Sidoarjo: Nizamia, 2019.

Published

2022-11-12

How to Cite

Munib, M., Farida, S., Badruttamam, B., Z, F. ., & Thoyyibah, W. . (2022). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6164

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.