Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin Pada Murid Kelas X Madrasah Aliyah Al-Husaini Pasanggar Pegantenan Pamekasan

Authors

  • Ali Wafa Institut Agama Islam Nazhatut Thullab sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v5i1.7901

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Nilai-nilai Rahmatan Lil Alamin.

Abstract

pengabdian ini bertujuan untuk penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin kepada murid kelas X Madrasah Aliyah Al-Husaini Pasanggar Pegantenan Pamekasan. Metode pengabdian ini melalui beberapa tahap: Tahap pertama, survei dan wawancara dengan pihak pengelola, terutama kepala madrasah, waka kurikulum, dengan murid, dan guru untuk memahami tantangan dan kebutuhan dalam penguatan karakter pelajar. Tahap kedua, analisis konteks lokal; dan tahap ketiga, tahap kegiatan penguatan, yang dilakukan pada kelas X Madrasah Aliyah Al-Husaini. Penguatan profil ini difokuskan pada nilai-nilai Islami seperti taaddub, muwathanah, tawasuth, tawazun, musawah, dan syura. Nilai-nilai tersebut berguna untuk membentuk karakter murid yang santun, cinta tanah air, moderat, seimbang, menghargai kesetaraan, dan mengutamakan musyawarah. Dengan penguatan nilai-nilai ini, murid di Madrasah Aliyah Al-Husaini Pasanggar Pegantenan Pamekasan diharapkan menjadi individu yang berakhlak mulia, toleran, dan mampu hidup harmonis dalam masyarakat yang beragam.

References

Ahmad, Aisya. “Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 2 (2022): 278–96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).8753.

Akhmadi, Agus. “Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil “Alamin Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah.” Jurnal Perspektif 15, no. 2 (2023): 121–30. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i2.79.

Arbi, Arbi, Imam Hanafi, Munzir Hitami, and Helmiati Helmiati. “Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu Di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Profetika: Jurnal Studi Islam, 2019, 1–15. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8943.

Asraf Kurnia, Martin Kustati, Nana Sepriyanti, Siti Aisyah, Vegia Oviensy. “Revitalisasi Pendidikan Karakter Dalam PAI Sebagai Upaya” 5, no. 2 (2024): 64–76. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1172.

Azra, Azyumardi. Moderasi Islam Di Indonesia: Dari Ajaran, Ibadah, Hingga Perilaku. Edited by Idris Thaha. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2020.

Farhan, Moh, Hidayatus Solihah, and Samsudin Samsudin. “Integrasi Pendidikan Agama Dan Sains Di Madrasah.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2021): 137. https://doi.org/10.30659/jpai.4.2.

Hafiyah, Hidayatul. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Rahmatan Lil “Alamin Pada Elemen Akidah Akhlak Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 27 Surabaya” 8, no. 2 Desember (2024)

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.

Kurniawaty, Imas, Purwati Purwati, and Aiman Faiz. “Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air.” Jurnal Education and Development 10, no. 3 (2022): 496–98.

Lickona, Thomas (Terj. Juma Abdu Wanaungo). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Mendidik Membentuk Karakter: Bagaiamana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Karakter Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab). Edited by Uyu Wahyudin. Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Misrawi, Zuhairi. AL-QUR’AN KITAB TOLERANSI: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil’Alamin. Jakarta: Pustaka Coasis, 2017.

Nadhiroh, Umi, and Anas Ahmadi. “Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya.” Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 8, no. 1 (2024): 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072.

Nugraha, Muhamad Tisna, Andewi Suhartini, Nurwadjah Ahmad EQ, and Anwar Anwar. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Kubu Raya.” Instructional Development Journal 3, no. 3 (2020): 163. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11294.

Nur Fauziah, Nahdiah, Ningsi, Laila Nazilatul Husna, and Rofiq Hidayat. “Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil`Alamin Pada Kma No. 347 Tahun 2022.” AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI 4, no. 1 (2023): 1–10. https://akselerasi.uinkhas.ac.id/index.php/aksel/article/view/472.

Ramadhani, Havelia, Azizah Hanum, and Junaidi Arsyad. “Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik ( Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Kota Binjai)” 11 (2023)

Sodikin, Ahmad, and Muhammad Anas Ma`arif. “Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 2 (2021): 188–203. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.702.

Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (2011): 7–13. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783.

Tholchah Hasan, Muhammad. Pendidikan Multikultural: Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Edited by Abdul Wahid. Ketiga. Malang: Universitas Islam Malang, 2016.

Umar, Nasaruddin. Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama Di Indonesia. Edited by Jaja Zarkasyi. Jakarta: Kompas Gramedia, 2021.

Wahid, Abdrrahman. Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Edited by Hairus Salim H.S. 3rd ed. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Winanda, Felia Ayu, Septina Lisdayanti, Dewi Kusumaningsih, Yanti Paulina, and Eli Rustinar. “Membangun Karakter Santun Melalui Kultur Sekolah Dalam Kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Dan Santun).” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 1 (2024): 205–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1884.

Yunizhar, Laili, and Machnunah Ani Zulfah. “Pengembangan Handout PAI Berbasis Nilai Dinamis Dan Inovatif Untuk Pemahaman Islam Wasathiyah Di SMKN 1 Jombang.” Islamika 6, no. 1 (2024): 305–17. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4324.

Published

2024-01-09

How to Cite

Wafa, A. . (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin Pada Murid Kelas X Madrasah Aliyah Al-Husaini Pasanggar Pegantenan Pamekasan. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 46–58. https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v5i1.7901

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.