Pendampingan Tahsinul Qur’an di Pondok Pesantren Darur-Rohman Blu’uran Sampang

Authors

  • Wasik Wasik Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Siti Farida Institut Agama Islam Nazhatut Thullab sampang

Keywords:

Pendampingan al-Qur'an, santri, Pondok Pesantren Darur-rohman

Abstract

Penelitian ini mendalami program Pendampingan Tahsinul Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Darur-rohman adalah suatu kegiata nyang umumnya digunakan untuk memfasilitasi santri dalam memahami, membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pendampingan Tahsinul Qur’an dalam meningkatkan  kompetensi santri dalam membaca al-Qur’an.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mencakup wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data dari santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Darur-rohman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pendampingan Tahsinul Qur’an memiliki dampak positif dalam memperkuat keterampilan santri dalam membaca al-Qur’an. Santri yang terlibat dalam program ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman, pengucapan membaca Al-Qur'an.Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada kesuksesan Pendampingan Tahsinul Qur’an termasuk peran pengajar yang berpengalaman, dan lingkungan belajar yang mendukung. Rekomendasi diberikan untuk memperluas Pendampingan Tahsinul Qur’an di pondok pesantren sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman dan keterampilan santri dalam membaca al-Qur’an

References

Zohriah, A., Torismayanti, T., & Firdaos, R. (2024). Implementasi Strategi Manajemen Konflik untuk Mencegah Kekerasan di Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1)

Saputra, D., Rodhiyah, I. M., & Rohmah, M. (2023). Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Huda Dusun Pusuh Besowo Timur Kecamatan Kepung Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD)

Mannan, A. M. R. A. J., & Hidayah, M. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Kaidah Nahwu Dengan Kitab Al-Ajurumiyyah Di Pondok Pesantren Darus Sibyan Jombang Jember. An-Nuqthah, 3(1)

Wasik, W., Sari, M., Usman, M., & Shofa, H. Z. (2023). Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Qur’ani Sidogiri. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1)

Ari Wahyudi, Keutamaan al-Qur’an, 20 november, 2022, 55. Baznaz, keutamaan al-qu’an, tanpa No.

Sudarsono, “Pendidikan Ibadah Perspektif al-Qur’an dan Hadith”, Cendekia, Vol. 4, No. 1, (Juni 2018)

Sudarsono, “Pendidikan Ibadah Perspektif al-Qur’an dan Hadith”, Cendekia, Vol. 4, No. 1, (Juni 2018)

Sudarsono, “Pendidikan Ibadah Perspektif al-Qur’an dan Hadith”,Cendekia, Vol. 4, No. 1, (Juni 2018)

Published

2025-02-04

How to Cite

Wasik, W., & Farida, S. (2025). Pendampingan Tahsinul Qur’an di Pondok Pesantren Darur-Rohman Blu’uran Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1–14. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/7919

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.