Peran Mathematics Anxiety (Kecemasan Matematika) Guru dalam Mempengaruhi Growth Mindset Siswa

Authors

  • Ega Bandawa Winata Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Teacher Mathematics Anxiety, Student Growth Mindset, Self-Efficacy, Mathematics Education.

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan timbal balik antara tingkat kecemasan matematika (Mathematics Anxxety) yang dialami oleh guru dan dampaknya terhadap pola pikir berkembang (Growth Mindset) serta keyakinan Diri (Self-Efficaty) siswa dalam menghadapi kesulitan matematika. Desain korelasional digunakan untuk mengukur variabel pada 20 guru matematika (tingkat SMP dan SMA) dan 150 siswa mereka. hasil stimulasi menunjukkan korelasi negatif yang signifikan antara Kecemasan Matematika Guru dan Growth Mindset Siswa Guru dengan kecemasan tinggi cenderung menciptakan lingkungan kelas yang kurang mendukung pengambilan risiko dan kesalahan, yang secara tidak langsung menghambat adopsi pola pikir bahwa kemampuan dapat dikembangkan. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya intervensi untuk mengurangi Kecemasan Matematika pada guru guna meningkatkan iklim belajar yang lebih positif bagi siswa.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Beilock, S. L., Maloney, E. A. (2015). Math anxiety :who has it, why it develops, and how to guard againt it. Trends in Cognitive Sciences, 19(8), 404-406.

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. New York: Random House.

Gurun, A., & Hilton, A. (2018). Teacher mathematics anxiety and students’ mathematics achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(1), 159-173.

Hayes, A. F. (2018). Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis: A regression-based approach. Guilford publications.

Lutternberger, S., Wimmer, S., & Paechter, M. (2018). Spotlight on Math Anxiety. Psychology Research and Behavior Management, 11, 311-322.

Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). The mathematics anxiety rating scale: Psychometric data. Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551.

Published

2025-10-13

How to Cite

Bandawa Winata, E. . (2025). Peran Mathematics Anxiety (Kecemasan Matematika) Guru dalam Mempengaruhi Growth Mindset Siswa. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/8286

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.