Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Kritis Terhadap Buku Filsafat Pendidikan Islam

Penulis

  • Muhammad Amin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu-NTB

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2977

Abstrak

Pendidikan Islam selama ini selalu dianggap pendidikan nomor dua dari pendidikan umum. Mulai dari aspek kualitas pendidikan sampai pendanaan pendidikan itu sendiri. Pendidikan Islam dianggap pendidikan yang hanya mengajarkan hal-hal yang bersifat teosentris dan ditengarai tidak memiliki landasan filosofi yang jelas dan bahkan dicurigai menjiplak landasan filsafat pendidikan umum (barat). Dalam tulisan ini penulis menganalisis dengan kritis terhadap buku filsafat pendidikan Islam yang sering dipakai oleh mahasiswa maupun dosen sebagai salah satu rujukan dalam proses pembelajaran filsafat pendidikan Islam untuk menelusuri kejelasan asal usul filsafat pendidikan Islam yang melahirkan ilmu pendidikan Islam itu sendiri yang kemudian diajarkan secara luas pada tiap-tiap lembaga pendidikan Islam baik di kota-kota besar terlebih lagi di desa-desa di seluruh Indonesia.   Kata kunci: rekonstruksi, filsafat, pendidikan Islam, pendidikan kritis.  

Biografi Penulis

Muhammad Amin, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Amin Dompu-NTB

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-11

Cara Mengutip

Amin, M. (2017). Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Kritis Terhadap Buku Filsafat Pendidikan Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 9(1), 13–26. https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2977

Terbitan

Bagian

Articles