Apresiasi Pondok Pesantren Terhadap Peradaban Modern dan Pengembangannya Sebagai Organisasi Pembelajaran

Authors

  • Fathor Rachman Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2978

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang apresiasi pondok pesantren dalam menghadapi perkembangan peradaban modern dan pengembangannya sebagai organisasi pembelajaran.Pendekatan kajian dalam artikel ini menggunakan analisis kritis terhadap berbagai macam literatur tentang pondok pesantren dan organisasi pembelajaran. Hasil kajian ini menemukan bahwa sebagai organisasi pendidikan, pondok pesantren memiliki visi, misi dan tujuan yang sangat terbuka dalam mengembangkan potensi organisasinya, dan sangat akomodatif terhadap berbagai perubahan yang dibawa oleh peradaban modern.Pengembangan pondok pesantren sebagai organisai pembelajaran sangat terbuka, karena pesantren mampu melakukan beberapa inovasi dan transformasi diri dalam menghadapi tuntutan peradaban modern yang ditujukan untuk merespons modernitas dan industrialisasi   Kata kunci: pondok pesantren, peradaban modern, pengembangan pesantren, organisasi pembelajaran.  

Author Biography

Fathor Rachman, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Published

2017-09-11

How to Cite

Rachman, F. (2017). Apresiasi Pondok Pesantren Terhadap Peradaban Modern dan Pengembangannya Sebagai Organisasi Pembelajaran. Tafhim Al-’Ilmi, 9(1), 27–49. https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i1.2978