Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkatkan Minat Baca Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peran Perpustakaan Sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, dengan mengambil latar belakang peran Perpustakaan Sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui bebrapa literature yang terkait dengan pokok bahasan. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang diperoleh kemudian di croschek dengan data data lain secara diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Peranan perpustakaan yang paling utama adalah memberi informasi dari berbagai ilmu dan disiplin ilmu. Oleh karena itu peran perpustakaan sangat sentral dalam meningkatkan minat baca siswa.
Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa
Referensi
Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Gramedia, 1991)
______, Periodeisasi Perpustakaan Indonesia, (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1994)
Bunanta dan Murti, "Buku, Mendongeng dan Minat Membaca": Dalam: Makalah Seminar dan Workshop Sehari, Ketrampilan Bercerita Sebagai Sarana MeningkatkanMinat Baca Anak, (Jakarta Timur,: IPI DKI, 1997)
Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Grasindo, 2004)
http://teorimeningkatkanminatbacasiswa,wordpress.com
Ihsan, Ummu & Abu Ihsan al-Atsari, Mencetak Generasi Rabbani Mendidik Buah Hati Menggapai Ridho Ilahi, (Jakarta: Pustaka Informa, 2014)
Kanwil Depdikbud Jawa Barat, "Fungsi Perpustakaan Sekolah Sebagai Salah Satu Komponen Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar". Dalam: Seminar Perpustakaan dan Pengembangan SDM dalam Mengisi PJPT II yang Diselenggarakan oleh JIP fak IL Kom UNINUS, (Bandung, 19 Juni 1993)
Lasa Hs, Manajemen Perpustakaan Sekolah, (Jogjakarta: Pinus Book Publiser, 2007)
Malahayati, Super Teens, (Yogyakarta: Gedung Galangpres Center, 2010)
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Milburga C. Larasati, Membina Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Kanisius, 1986)
Mudjito, Pembinaan Minat Baca, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2001
Perpustakaan Nasional RI, Perpustakaan Sekolah, Petunjuk Untuk Membina, Memakai dan Memelihara Perpustakaan di Sekolah, (Jakarta : Perpustakaan Nasional RI, 1996)
Purnomo, Pungki, "Pembekalan Life Long Learning di Madrasah Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Perpustakaan". Dalam buku: Perpustakaan Sebagai Center for Learning Society: Gagasan Untuk Pengembangan Perpustakaan Madrasah. (Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatulloh, 2006)
Sinaga, Dian, Remaja dan Minat Baca, (Jakarta: Kompas, 1998)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yng Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Sudarnoto, Abdul Hakim, Pengantar Manajemen Perpustakaan Madrasah, (Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2006)
Suharto dan Tata Riyanto, Kamus Bahasa Indonesia Terbaru, (Jakarta: Penerbit Indah Surabaya, 1989)
Sumardji, P, Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya, (Yogyakarta: Kanisius, 1991)
Surya, Mohammad, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2003)
Sutarno NS, Perpustakaan dan Masyarakat, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003)
Suwarno, Wiji, Psikologi Perpustakaan, (Jakarta, CV Sagung Seto, 2009)
Tampubolon, Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Siswa Pada Anak, (Bandung Angkasa, t. t. )
______, Meningkatkan Minat Baca dan minat baca Pada Anak, (Bandung, Angkasa 1991)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.