Pengaruh Motivasi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Anak Didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang
Abstrak
Abstraksi
Dalam membentuk sikap disiplin pada anak didik diperlukan sebuah motivasi. Agar anak-anak lebih lebih teratur dalam melaksanakan pembelajaran.. Maka dari itu yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Adapun tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang.
Dalam penelitian ini di bagi menjadi dua bagian, bagian pertama tentang kajian teori, bagian ke dua tentang kajian empiris. Kajian teori merupakan pembahasan melalui studi kepustakaan, sedangkan kajian empiris diperoleh dari data-data dengan menggunakan metode observasi, interview, dan angket tertutup. Sedangkan penentuan sampel dengan tehnik stratified proporsional random sampling. Dari data yang diperoleh, hipotesis di uji dengan menggunakan rumus Chi kwadrat yaitu:
Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang dilanjutkan dengan menggunakan rumus Koefisien Kontingensi (KK) yaitu:
Dari hasil penelitian, setelah data dianalisa maka diperoleh kesimpulan ada pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang.
Kata Kunci : Motivasi, Kedisiplinan
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Yogyakarta, Renika Cipta, 2002)
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya: Usaha Nasional, 2002)
______, Psikologi Belajar, (Jakarta; Rineka Cipta, 2015)
Hamzah, H., Teori Motivasi dan Pengukurannya; analisis di bidang pendidikan, (Jakarta; Bumi Aksara, 2011)
Iskandar, Amir Dien, Pengantar Ilmu Pendidikan (Surabaya: Usah Nasional, 2000)
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014)
Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta; Rajawali Pers, 2011)
Subur, Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah, (Yogyakarta: Kalimedia, 2015)
Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung, Tarsito, 2000)
Undang Undang Sisdiknas. No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005. Jakarta: Media Abadi.
Usman, Moh Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.