Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam implementasi kurikulum 2013, apa saja faktor penghambat guru dalam implementasi kurikulum di MIN 1 Jombang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di MIN 1 Jombang secara umum sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Karena dari awal penunjukan MIN 1 Jombang sebagai satu-satunya sekolah di tingkat SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 di Jombang, selalu ada pendampingan dari Pemerintah tentang tata cara impelementasi kurikulum 2013. Adapun faktor yang menjadi penghambat implementasi kurikulum adalah kurangnya pendalaman materi yang diajarkan. Oleh karena itu, pihak sekolah mengadakan pengayaan sebagai bentuk penambahan materi untuk siswa kelas VI agar lebih siap menghadapi Ujian Nasional. Karena di Jombang pelaksanaan UN tingkat SD/MI masih menggunakan sistem kurikulum KTSP.
Kata Kunci: Peranan Guru, Implementasi Kurikulum 2013
Referensi
Ahmad, Syarwan, “Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolahâ€, dalam Jurnal Pencerahan, Vol. 8, No. 2, 2014
BSNP, Panduan Penyusunan Kurikulum Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta: BSNP, Depdiknas, 2006)
Dokumen Standar Isi dari pemerintah untuk tingkat pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah 2006, Permendiknas. (2006). No. 22, 23, dan 24 tentang pengaturan standar isi kurikulum
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta; Bumi Aksara, 2008)
http://edukasi.kompasiana.com/2013/09/20/apakah-peran-guru-dalam-pelaksanaan-kurikulum-2013-593602.html
Kompas. 2013. Kurikulum 2013, Kompas, 3 Agustus 2013
Mida, Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013, (Jakarta: Kata Pena, 2013)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2008)
Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Cet. Ke-9 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
¬Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Naim, Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif, (Yogyakart; Pustaka Belajar, 2011)
Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung; Cita Pustaka Media, 2006)
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2008)
Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Yogyakarta; Hikayat Publishing, 2001)
Supriadi, Stategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta; Cakrawala Ilmu, 2015)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2008)
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP, (Jakarta; PT. Bumi Aksara, 2014)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wawancara dengan Ghonimah, (selaku guru PAI) MIN 1 Jombang, tanggal 2 Agustus 2018
Wawancara dengan Lilik Nasfiatin, (selaku Kepala Madrasah) MIN 1 Jombang, tanggal 2 Agustus 2018
Wawancara dengan Siti Muzayyanah, (selaku Waka Kurikulum) MIN 1 Jombang, tanggal 2 Agustus 2018
Workshop Kurikulum 3013 di SMP 19 Malang, 28 Sepember 2013, Dokumen Kurikulum 2013/ KEMENDIKBUD/ Desember 2012
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.