Implementasi Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Peduli Sosial Masyarakat

(Studi Kasus pada Pembangunan Mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro)

  • Ehwanudin Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
  • Mispani Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
Kata Kunci: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Gotong Royong, Peduli Sosial, Kerja Bakti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implemetasi pendidikan karakter gotong royong dan peduli sosial masyarakat pada pembangunan mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro.

Sumber data penelitian ini adalah nara sumber atau informan dan beberapa literatur yang terkait dengan pokok pembahasan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan instrument observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implemetasi pendidikan karakter gotong royong dan peduli sosial masyarakat pada pembangunan mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro, berdasarkan indikator gotong royong menunjukkan bahwa masyarakat memiliki sifat mau bekerja sama dengan baik dan tidak egoistis. Sedangkan berdasarkan indikator peduli sosial menunjukkan bahwa masyarakat dalam kerja bakti dapat memperlakukan orang lain dengan sopan dan santun, mau mendengarkan orang lain dan tidak merendahkan orang lain.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Gotong Royong, Peduli Sosial, Kerja Bakti

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
Andi Prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tehnik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Prenademedia Group, 2015)
Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Azizy, A. Qodry, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, (Semarang: Aneka Ilmu, 2003)
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter Setrategi Mendidik Anak di Zaman Global, Cet ke 2 (Jakarta: PT Grasindo, 2010)
Fihris, Pendidikan Karakter di Madrasah Salafiyah, (Semarang: PUSLIT IAIN Walisongo, 2010)
http://tobroni.staff.umm.ac.id/2010/11/24/pendidikan-karakter-dalam-perspektif-islam-pendahulan/
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2008)
Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, (Pelajar dan Santri Dalam Era IT dan Ciber Culturs), Imtiyaz, 2017
Samani, Muchlas dan Haryanto. Pendidikan Karakter. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Sapury, Rafy, Psikologi Islam, ( Jakarta : PT. Raja grafindo, 2009)
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2008)
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)
Tafsîr al-Qurthûbi (6/45), Taisîrul Karîmir Rahmân
Tafsîrul Qur‘ânil ‘Azhîm ar-Risâlah at-Tabûkiyyah Tafsîr al-Qurthubi (Al-Jâmi’ li Ahkâmil-Qur‘ân), Muhammad bin Ahmad al-Qurthûbi, tahqîq: ‘Abdur-Razzaq al-Mahdi, Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi, Cetakan II, Tahun 1421 H, Vol. 6
Zainal Aqib, Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positif, (Bandung: CV Irama Widya, 2011)
Diterbitkan
2018-12-31