Implementasi Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Peduli Sosial Masyarakat
(Studi Kasus pada Pembangunan Mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implemetasi pendidikan karakter gotong royong dan peduli sosial masyarakat pada pembangunan mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro.
Sumber data penelitian ini adalah nara sumber atau informan dan beberapa literatur yang terkait dengan pokok pembahasan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan instrument observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implemetasi pendidikan karakter gotong royong dan peduli sosial masyarakat pada pembangunan mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro, berdasarkan indikator gotong royong menunjukkan bahwa masyarakat memiliki sifat mau bekerja sama dengan baik dan tidak egoistis. Sedangkan berdasarkan indikator peduli sosial menunjukkan bahwa masyarakat dalam kerja bakti dapat memperlakukan orang lain dengan sopan dan santun, mau mendengarkan orang lain dan tidak merendahkan orang lain.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Gotong Royong, Peduli Sosial, Kerja Bakti
Referensi
Andi Prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tehnik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Prenademedia Group, 2015)
Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Azizy, A. Qodry, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, (Semarang: Aneka Ilmu, 2003)
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter Setrategi Mendidik Anak di Zaman Global, Cet ke 2 (Jakarta: PT Grasindo, 2010)
Fihris, Pendidikan Karakter di Madrasah Salafiyah, (Semarang: PUSLIT IAIN Walisongo, 2010)
http://tobroni.staff.umm.ac.id/2010/11/24/pendidikan-karakter-dalam-perspektif-islam-pendahulan/
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2008)
Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, (Pelajar dan Santri Dalam Era IT dan Ciber Culturs), Imtiyaz, 2017
Samani, Muchlas dan Haryanto. Pendidikan Karakter. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Sapury, Rafy, Psikologi Islam, ( Jakarta : PT. Raja grafindo, 2009)
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2008)
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)
Tafsîr al-Qurthûbi (6/45), Taisîrul Karîmir Rahmân
Tafsîrul Qur‘ânil ‘Azhîm ar-Risâlah at-Tabûkiyyah Tafsîr al-Qurthubi (Al-Jâmi’ li Ahkâmil-Qur‘ân), Muhammad bin Ahmad al-Qurthûbi, tahqîq: ‘Abdur-Razzaq al-Mahdi, Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi, Cetakan II, Tahun 1421 H, Vol. 6
Zainal Aqib, Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positif, (Bandung: CV Irama Widya, 2011)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.