Penerapan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

(Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang)

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Eko Hadi Wardoyo Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Kata Kunci      :           Metode Team Quiz, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai belajar siswa dengan Metode Team Quiz dalam mewujudkan siswa yang aktif dan kreatif dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang.

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta pretes terhadap 29 siswa Kelas III. Sedangkan penganalisaan data dilakukan dengan menggunakan penerapan metode Team Quiz untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus dari 29 siswa ada 8 siswa tuntas dan 21 siswa belum tuntas. Pada siklus I dari 29 siswa hanya 13 siswa tuntas dan 16 siswa belum tuntas. Kemudian pada siklus II ada sedikit peningkatan dari 29 siswa, yakni 17 siswa yang tuntas dan 12 siswa belum tuntas. Lalu pada siklus ke III dari 29 siswa hanya 3 siswa yang belum tuntas dan 26 siswa telah tuntas.

Kata Kunci      :           Metode Team Quiz, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisis Revisi VI. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm.129
Arsyadi, Ashar, Media Pembelajaran,(Jakarta: Rajagrafindo Persada, 1995), hlm.1
Margono, Metodologi Penelitian pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 170
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 6
Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 212
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 203
Sumber Ilmu, http://miratriani.blogspot.com/2012/07/metode-team-quiz-dan-talking stick.html. tgl29122012.
Tanzeh, Amad, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2011), hlm. 83
Trianto,Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana 2011), hlm. 278
Hasil wawancara dengan Ibu Iin Munirotuz Zakiyyah guru SKI Kelas III, pada tanggal 22 Februari 2021.
Diterbitkan
2023-07-11