Penerapan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
(Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai belajar siswa dengan Metode Team Quiz dalam mewujudkan siswa yang aktif dan kreatif dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta pretes terhadap 29 siswa Kelas III. Sedangkan penganalisaan data dilakukan dengan menggunakan penerapan metode Team Quiz untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mu’awanah Al-Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung Jombang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus dari 29 siswa ada 8 siswa tuntas dan 21 siswa belum tuntas. Pada siklus I dari 29 siswa hanya 13 siswa tuntas dan 16 siswa belum tuntas. Kemudian pada siklus II ada sedikit peningkatan dari 29 siswa, yakni 17 siswa yang tuntas dan 12 siswa belum tuntas. Lalu pada siklus ke III dari 29 siswa hanya 3 siswa yang belum tuntas dan 26 siswa telah tuntas.
Kata Kunci : Metode Team Quiz, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Referensi
Arsyadi, Ashar, Media Pembelajaran,(Jakarta: Rajagrafindo Persada, 1995), hlm.1
Margono, Metodologi Penelitian pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 170
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 6
Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 212
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 203
Sumber Ilmu, http://miratriani.blogspot.com/2012/07/metode-team-quiz-dan-talking stick.html. tgl29122012.
Tanzeh, Amad, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2011), hlm. 83
Trianto,Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana 2011), hlm. 278
Hasil wawancara dengan Ibu Iin Munirotuz Zakiyyah guru SKI Kelas III, pada tanggal 22 Februari 2021.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.