Peran Guru Muatan Lokal Agama dalam Memotivasi Anak Belajar Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru muatan lokal agama dalam memotivasi anak belajar Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, dengan teknik analisis induktif dan distribusi frekuensi relatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Profil guru muatan lokal agama di madrasah ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang tidak hanya mengajar mengaji saja tetapi juga mengajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Fiqih. (2). Motivasi anak belajar Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket kepada 25 siswa atau responden, bahwa motivasi belajar anak berkategori tinggi mencapai 12%, kategori sedang mencapai 72%, dan kategori rendah mencapai 16%. (3). Peran guru muatan lokal agama dalam memotivasi anak belajar Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Japanan Mojowarno Jombang adalah: (a) memberi bimbingan. (b) menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. (c) memberi penilaian.
Kata Kunci : Guru Muatan Lokal Agama; Motivasi Belajar Al-Qur’an.
Referensi
Ar-Ramli dkk. Muhammad Syauman. Nikmatnya Menangis Bersama Al-Qur’an, (Jakarta Timur: Istanbul, 2015)
Bahresi, Hussein. Hadits Shahih Al-Jami’ush Shahih Bukhari-Muslim, (Surabaya: CV. Karya Utama, 1990)
Basyir dkk. Hikmat. Tafsir Muyassar, (Jakarta: Darul Haq 2016)
Halimah, Upaya Guru Meningkatkan Motivasi dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ Siswa Kelas III SDN Antasan Besar I Banjarmasin, (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Antasari Fakultas Tarbiyah, 2009). hlm. 2 Dari http://idr.uin-antasari.ac.id/2733/1/bab%201-v.pdf
Haq, Muhammad Faisal. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Yaspuri Malang, dari http://etheses.uin-malang.ac.id
Lavitasari, Febri. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri Raman Utara, dari http://digilib.metrouniv.ac.id
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)
Observasi, tanggal 25 Juli 2018.
Observasi, tanggal 25 Juli 2018.
Observasi, tanggal 25 Juli 2018.
Setiawan, Masyuni Weka Hery. Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN 134 Kalumpang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, (Skripsi, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negri Alauddin Makassar, 2017), hlm. 3 Dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1967/1/Masyuni.pdf
Sudijono, Anas. Pengantar Statistic Pendidikan, Ed 1-8, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Usman, Husaini. dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta, Bumi Aksara, 2014)
Wawancara, dengan Nurul Aini, siswa kelas VI, tanggal 25 Juli 2018.
Wawancara, dengan Riduwan, S.Pd.I, Guru Agama tanggal 25 Juli 2018.
Wawancara, dengan Safitri Wulandari, siswa kelas VI, tanggal 25 Juli 2018.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya bersifat akademik. Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.