Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang

  • Eko Hadi Wardoyo Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Zainul Abidin Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Susiat Minarsih Universitas Darul 'Ulum Jombang
Keywords: Muraja’ah method, memorizing the Koran.

Abstract

Abstraction

The aim of this research is to examine the application of the Muraja’ah Method in improving the memorization of the Al-Qur'an for Class III students at SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang.

The research method used is descriptive qualitative research. Data sources were obtained from Person, Place, and Paper obtained from the field. The data collection technique uses observation, in-depth interviews and documentation. The data analysis technique uses qualitative descriptive analysis using three Miles and Huberman style flows, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing or verification.

The results of the research show that by applying the muraja’ah method in memorizing the Al-Qur'an at SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang, students have been able to achieve the memorization targets that have been programmed at school, students are able to memorize the Al-Qur'an well, correctly according to makhraj and recitation. With the muraja’ah method, students are able to speed up their memorization compared to without muraja’ah, besides that, students' memorization becomes stronger, whether old memorization or new memorization.

Keywords: Muraja’ah method, memorizing the Koran.

Author Biography

Eko Hadi Wardoyo, Universitas Darul 'Ulum Jombang

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

References

DAFTAR PUSTAKA
Abulwaly, Cece, Pedoman Muraja’ah Al-Qur’an, (Sukabumi: Farha Pustaka, 2020)
Anwar, Rosihan, Ulum Al-Qur’an. (Bandung: Pustaka Setia, 2012)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positivisik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998)
Mulyasa, E., Standar Kompetesi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)
Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2017)
Sanjaya, Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2006)
Sugiarto, Eko, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis Suaka Media, (Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2017)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alvabeta, 2013)

Hasil Observasi dan Wawancara

Hasil Observasi pada tanggal 13 Mei 2023
Hasil Pengamatan Peneliti terhadap Dokumentasi Data Tertulis pada tanggal 10 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Adibah pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Alvin pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Noval pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ana Sayyidatur Roifah pada tanggal 10 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Rohmiati pada tanggal 07 dan 10 Mei 2022
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ulfatun Hasanah selaku coordinator Al-Qur’an
Hasil wawancara dengan Noval pada tanggal 10 mei 2023
Hasil wawancara dengan Syauqi pada tanggal 08 Mei 2023
Hasil wawancara dengan Ustadzah Ulfatun Hasanah pada tanggal 07 Mei 2023
Published
2023-12-27
How to Cite
Wardoyo, E. H., Abidin, Z., & Minarsih, S. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Al-Mishbah Sumobito Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 8(2), 239-257. https://doi.org/10.32492/sumbula.v8i2.5584