Peranan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak Dalam ‎Perspektif Pendidikan ‎Islam

  • Eny Fatimatuszuhro Pahlawati Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
Kata Kunci: Orang Tua; Akhlak Anak; Pendidikan Islam

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peranan orang tua terhadap akhlak anak dalam perspektif pendidikan Islam.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui kajian kepustakaan (library research), sumber datanya dari literatur baik berupa buku, karya tulis, maupun sumber-sumber tertulis lainnya yang terdapat dalam media cetak maupun elektronik, yang berkaitan dengan peranan orang tua terhadap akhlak anak. Adapun metode nalaisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif pendidikan Islam, orang tua mempunyai peranan yang besar dalam pembentukan akhlak anak. Ini menggambarkan bahwa dalam suatu keluarga yang dijadikan panutan bagi anaknya adalah orang tua.

Kata kunci:     Orang Tua; Akhlak Anak; Pendidikan Islam

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang
p-ISSN 2528-2867
e-ISSN 2549-3900

Referensi

DAFTAR PUSTAKA


Ahmadi, Abu, Sejarah Pendidikan, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009)‎
Ahyadi, Abdul Aziz, Psikologi Agama, (Bandung: Sinar Baru, 1998)‎
Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, Juzz III, (Libanon: Dar’al-fikr, 1995)‎
Arifin, H.M., Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan ‎Sekolah Dan Keluarga, Edisi 3, (Jakarta: Bulan Bintang,1977)‎
Darajat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, edisi 12, (Jakarta: Bulan Bintang, ‎‎1990)‎
‎______, Ilmu Pendidikan Islam,( Bumi Aksara, 1982/1983)‎
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Pustaka ‎Amani, 2004)‎
Fahmi, Mustofa, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 1974)‎
GBHN, TAP MPR No IV/MPR/1978, Kementrian Republik Indonesia, ‎‎1978 ‎
Hafifuddin, Didun, Dakwah Aktual, (Jakarta: Gema Insani Pers, 1998)‎
Hamid, Mahmud Ali Abdul, Akhlak Mulia, (Jakarta: Gema Insani Press, ‎‎2004)‎
Hasan, M. Ali, Tuntunan Akhlak.(Jakarta: Bulan Bintang, 1978)‎
Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha ‎Nasional, 1973)‎
Jamhari, A. Zainuddin dan Muhammad, Muamalah dan Akhlak, CV. ‎‎(Bandung: Pustaka Setia, 1999)‎
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al-‎Husna, 1986)‎
Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, ‎‎1990)‎
Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. ‎Remaja Rosdakarya, Cet. VII, 2010)‎
Nasution, Metode Naturalistik Kualitatif (Bandung: Tarsito, 1988), dikutip ‎dalam Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, ‎Cet. I, 2005), 88‎
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Jakarta: PT ‎Raja Grafindo Persada, 1988)‎
Ramayulis, Pendidikan Islam Dalam Rumah Tangga, (Jakarta: Ilmu ‎Kalam, 1987)‎
Rasyid, Muhammad Dimas, 20 Kesalahan Dalam Mendidik Anak, ‎‎(Jakarta: Rabbani Press, 2002)‎
Sukaimi, Syafiah, “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian ‎Anak : Tinjauan Psikologi Perkembangan Islam”, dalam Jurnal ‎Marwah,Vol. 12 No 1, Riau.‎
Tafsir, Ahmad, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, (Bandung: Remaja ‎Rosdakarya, 1996)‎
Vebrianto, Sosiologi Pendidikan, (Yogyakarta: Paramita, 1977)‎
Zabidi, Imam, Ringkasan Hadist Shahih Muslim, (Jakarta: Pustaka ‎Amani, 2002)‎
Diterbitkan
2020-06-30