Etika Berkomunikasi Dalam Islam (Kajian Dalam Surat Al-Ahzab Ayat 32 Dan Ayat 70)

  • Ira Trisnawati IAIN KENDARI
  • Muhammad Syahrul Mubarak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Qaimuddin Kendari
Kata Kunci: Etika, Komunikasi, Islam, Surat Al Ahzab ayat 32 dan ayat 70

Abstrak

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia dalam setiap kegiatan. Terutama dalam bidang muamalah, komunikasi memegang peran penting dalam berhasil dan tidaknya kegiatan muamalah tersebut. Komunikasi yang baik dapat menumbuhkan persahabatan dan kasih sayang antar sesama manusia. Etika adalah ilmu yang membahas tentang baik buruknya perilaku seseorang, adat kebiasaan manusia dalam pergaulannya terhadap sesamanya. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau penyampaian informasi yang mengandung arti dari pengirim pesan kepada penerima pesan, yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu. Etika komunikasi Islam adalah tata cara dalam melakukan komunikasi yang sesuai dengan nilai moral dalam menentukan baik dan buruk perilaku seseorang dengan cara penyampaian yang islami, sehingga mengarah kepada kemaslahatan umat manusia. Penelitian ini menggunakan metode library research (kepustakaan) yang memfokuskan pada penelusuran dan penelaahan literatur serta bahan pustaka lainnya dengan menggunakan metode kualitatif dan memfokuskan pembahasan pada surat al-Ahzab ayat 32 dan ayat 70. Surat Al-ahzab merupakan surat Madaniyah yang membahas berbagai permasalahan hukum salah satunya tentang etika berkomunikasi. Etika dalam melakukan komunikasi sebaiknya menggunakan qoulan karima dan qoulan sadidan yang merupakan ajaran dari agama Islam. Etika yang diajarkan dalam surat al-Ahzab ayat 33 dan ayat 70 mengajarkan kepada kita bahwa dalam berinteraksi harus menggunakan etika yang baik terutama dalam hal berkomunikasi, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir dikarenakan etika komunikasi yang tidak baik.

Referensi

Abdul Muis,Andi, Komunikasi Islami, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Al-Zuhaily, Wahbah, Tafsir Munir, Beirut: Dar al-Fikr, 1991.

Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2007.

Chirzin,Muhammad, Permata Al-Qur’an, Jakarta: Kalil, 2014.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Effendy, Ilmu, Teori & Fildsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1993.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur,an, Tafsir Ringkas Jilid 2, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur,an, 2016.

Moh. Zahid, “Komunikasi Santun dalam Al-Qur’an”, Jurnal KARSA (Journal of Social and Islamic Culture) , Vol.21 No. 2, Desember 2013.

Nata, Abuddin, Studi Islam Komprehensif, Jakarta: Kencana Pranada Media Grup, 2011.

Ruslan, Rosady, Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Santana K, Septiawan, Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007.

Shihab,M. Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Suranto Aw, Komunikasi Sosial Budaya, Yogyakarta:Graha Ilmu, 2010.

Suratman dkk, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Malang: Intimedia, 2015.

Uchjana Effende, Onong, Dinamika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1986.
Diterbitkan
2020-04-03
Bagian
Articles