تنفيذ البرنامج الإعدادي لمسابقة قراءة الكتب في معهد سومطرى طواليب بارابك بوكيت تينجي

  • Hafizatur Rahmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Athira Fakhriatuz Zamani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Lutfia Nasrul Latifi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Program Bahasa Arab, Belajar Membaca Kitab, Kompetisi Peserta Didik

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Musabaqah Qiro’atul Kutub Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Sumatera Barat dalam mempersiapkan para santri mengikuti lomba-lomba Qiroatul kutub di berbagai ajang lomba,untuk meningkatkan mutu dalam membaca kitab bahasa Arab serta melestarikan budaya pada pondok pesantren yang memang kita ketahui identik sekali dengan kajian kitab klasik nya dan agar kita dapat menjaga juga mengembangkan nilai dasar santri, khususnya pada pondok pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, serta sumber data berupa dokumen dan informan yang berkaitan dengan ekstrakurikuler khususnya Takhassus MQK. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Sumatera Barat menjalankan Program Takhassus MQK yang dibimbing oleh pembina khusus dengan melaksanakan program Takhassus MQK setiap harinya, yang memberikan persiapan-persiapan kepada santri dalam mengikuti lomba-lomba.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, Chamalatul. (2016). “Faktor-Faktor Keberhasilan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band Sinar Nada Di Sd Negeri Tembok Banjaran 03 Kabupaten Tegal.†Semarang: Universitas Negri Semarang.

Bogdan, R.C, dan Taylor. (2002). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Fenomenologis terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Usaha Nasioanl.

Hamzah. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hermawan. (2004). Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press.

KBBI. (2022). Program. Accessed 3 March 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/program

Kemenag. (2017). “MQK, Ajang Kompetisi Ribuan Santri pada 25 Bidang Lomba Kitab Kuning.†Kementrian Agama Republik Indonesia (blog). Accessed 2 April 2023. https://kemenag.go.id/nasional/mqk-ajang-kompetisi-ribuan-santri-pada-25-bidang-lomba-kitab-kuning-0bz36x

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan, Komponen-komponen Elementar Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lilmulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munawar, Zaki. (2022). “Tujuan MQK.†Accessed 15 February 2023 https://www.instagram.com/thawalibparabek/.

Munib, Achmad. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Muradi, A., Amaluddin, L O., Hilmi, D., Budiawan, H., Noor, F., Noor, H., Jailani, M. S. (2022). Evaluation of Arabic Learning Program at State Islamic Religious College During COVID-19. Eurasian Journal of Educational Research. 99 (99), 189-200

Ponpes, Humas. (2020). “Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.†Kategori Prestasi Santri (blog). 2020. https://www.thawalib-parabek.sch.id/category/prestasi/.

Rahardjo, Dawam. (1985). Pergulatan Dunia Pesantren, Membangun dari Bawah. Jakarta: Tafsir Rahmat.

Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sunarto. (2003). Program Tenaga Kegiatan. Yogyakarta: Kanisius.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles