Konvergensi Pemikiran Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman dalam Hukum Ekonomi Syariah dan Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Komparatif

  • Saepuddin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Ulyan Nasri
  • Nurdiah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Kata Kunci: Konvergensi Pemikiran, Yusuf al-Qardhawi, Fazlur Rahman, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konvergensi pemikiran dua tokoh besar dalam dunia Islam, yaitu Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman, dalam konteks hukum ekonomi syariah dan pendidikan Islam. Studi ini bersifat komparatif, berfokus pada analisis pemikiran keduanya terkait dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah, serta pendekatan mereka dalam membentuk pendidikan Islam yang relevan dengan zaman kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yang mencakup analisis teks-teks karya Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman, serta kajian literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun keduanya memiliki latar belakang pemikiran yang berbeda, terdapat konvergensi dalam pandangan mereka terhadap prinsip-prinsip ekonomi syariah, seperti keadilan ekonomi, kepemilikan, dan larangan riba. Selain itu, keduanya juga menekankan pentingnya pendidikan Islam yang inklusif, kontekstual, dan relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami konvergensi pemikiran antara Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman dalam konteks hukum ekonomi syariah dan pendidikan Islam. Temuan ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan pemikiran ekonomi syariah yang lebih inklusif dan relevan, serta pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntutan zaman kontemporer.

Referensi

Abd. A’la. Dari Neomodernisme Ke Islam Liberal: Jejak Fazlur Rahman Dalam Wacana Islam Di Indonesia. Jakarta: Paramadina, 2023.
Abdul Azis Dahlan. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ikhtiar Baru van Hoeve, 2001.
Abdullah Zaky Al-Kaaf. Ekonomi Dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Adiwarman Karim. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Ahmadi, Rulam. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: (Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press), 2005.
Akmal and Zainal Abidin. “Korelasi Antara Islam Dan Ekonomi.” Jurnal Penelitian 9, no. 1 (2020): 1–18.
Ambarwati. “Etika Bisnis Yusuf Al-Qaradâwi: Upaya Membangun Kesadaran Bisnis Beretika.” Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah 1, no. 2 (2013): 78.
Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin, and Ulyan Nasri. “Declaration Of Understanding Radicalism To Islam (Critical Analysis of Islamic Religious Educational Materials in Response to Allegations of Understanding Radicalism to Muslims).” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 4, no. 3 (2021): 401–15. https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1411.
———. “Management of the Nahdlatul Wathan Lombok Qur’an Home Education Strategy in Creating Qur’anic Generations.” Al Hikmah: Journal of Education 4, no. 1 (2023): 77–92.
Aziz. “Dekonstruksi Paradigmatik Pengembangan Zakat: Analisis Kritis Pemikiran Yusuf al-Qaradawi.” Ijtihad : Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan 17, no. 2 (2018): 191. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v17i2.191-215.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011, 2011.
Danandjaja. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Antropologi Indonesia, 2014.
Devfy Kartikasari. “Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahmandan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Modern.” Cendekia 17, no. 2 (2019): 254–67.
Faisal, Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Fazlur Rahman. Islam. Chicago: Chicago University Press, 1979.
———. Islam and Modernity : Transformation of an Intelektual Tradition. Chicago: Chicago University Press, 1982.
———. Islam Dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual, Terj. Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka, 2020.
Khatibah. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 01, 5 (2011): 36–39.
Khotimah. “Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam.” Jurnal Ushuluddin 22, no. 2 (2020): 239–53. http://dx.doi.org/10.24014/jush.v22i2.739.
Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani and Ulyan Nasri. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Di Era Kontemporer.” Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (2023): 87–102. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v15i1.5554.
Muhammad Allamah. Fikih Empat Mazhab. Bandung: Hasyimi, 2011.
Muhammad Fahmi. “Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman.” Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2, no. 2 (2020): 273-298. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.273-298.
Muhammad Irwin Muslimin and Nurul Huda. “Produksi Menurut Yusuf Qardhawi (Studi Literatur Kitab Daurul Qiyam Wal Akhlaq Fil Iqtishadil Islami).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 2 (2022): 1294–1300. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5251.
Muhammad Yunus. “Pemikiran Yusuf al-Qardhawi Tentang Penyelesaian Masalah Fiqh Kontemporer.” An-Nida’ 39, no. 2 (2014): 215–31.
Mustafa. “Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 6, no. 1 (2020): 287–92. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v6i1.617.
Mustafa Edwin Nasution, et. al.,. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Media Group, 2007.
Nanang Ardiansyah, Umam Mufti, and Wantini. “Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman.” KHAZANAH PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Kependidikan 13, no. 2 (2020): 154–66. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/download/6976/2992.
Nasri, Ulyan. “Internalisasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2020): 1–17.
Nasri, Ulyan, and Parhul Khairi. “Understanding of Santri Regarding Quranic Verses as Prayers within Hizib Nahdlatul Wathan and Its Implications for Children’s Education in Daily Life: A Study of Living Quran at the Islamic Center NW Tanjung Riau Batam Boarding School.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (2023): 1600–1604. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1568.
Noor Aziz. “Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Filsafat Pendidikan Dalam Islam.” Manarul Qur’an 19, no. 2 (2019): 82–93.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (June 10, 2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Sutrisno. Fazlur Rahman: Kajian Terhadap Metode, Epistemolgi, Dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Talimah. Manhaj Fikih Yusuf Al-Qaradhawi. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2001.
Ulyan Nasri. “Islamic Educational Values in the Verses of the Song ‘Mars Nahdlatul Wathan’ by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid from Lombok.” International Journal of Sociology of Religion 1, no. 1 (2023): 128–41.
———. “Menakar Kembali Materi Pendidikan Agama Islam Untuk Menangkal Tuduhan Faham Radikalisme Kepada Umat Islam.” Jurnal Tarbawi 5, no. 1 (2020): 5. https://sinta.kemdikbud.go.id/authors
Yusuf Al-Qarâdhawi. Daur Al-Qiyâm Wa al-Akhlâq Fȋ al-Iqtishâd al-Islâmȋ. Mesir: al-Maktabah al-Wahbah, 1995.
———. Fiqh Al-Zakâh: Dirâsah Muqâranah Li Ahkâmihâ Wa Falsafataha Fȋ Dhaw al-Qurân Wa al-Sunnah. Mesir: al-Riâlah al-‘Âlamiyah, 2009.
Yusuf Al-Qarâdhawȋ. Hadyu Al-Islâm: Fatâwâ Mu’âshirah. Mesir: Dar al-Ma’rifah., 1988.
Yusuf Al-Qarâdhawi. Ibn Al-Qaryah Wa al-Kuttâb. Mesir: Dar al-Syuruq., 2021.
Yusuf al-Qardhawi. As-Sunnah Sebagai Sumber IPTEK Dan Peradaban, Terj. Setiawan Budi Utomo. Jakarta: Pustaka AlKautsar, 1998.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Ke-2. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Diterbitkan
2023-10-03
Bagian
Articles