PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penetian ini mendeskripsikan peran media gambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini di Lombok Timur. Sebagai sampel penelitian adalah siswa RA Palapa Nusantara NW Selebung Ketangga, yaitu salah satu PAUD Formal bernafaskan Islam di Kecamatan Keruak Lombok Timur.Dalam melakukan pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan Metode Deskriptor. Persentase kemampuan kognitif anak mencapai 60.7 maka menunjukkan pengaruh yang signifikan media gambar terhadap perkembangan kognitif tersebut.References
Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Benny, A. Pribadi. 2011. Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses. Jakarta : Dian Rakyat
Djamarah, S.B. 2010. Pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunarsa. D., Singgih. 2001. Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Hamruni, H. 2009. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif menyenangkan. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.
Nasir, Moh., 2001. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nuryanto, Apri. 2009. Makalah : Materi Media Pembelajaran. Jurusan Pendidikan Yogyakarta : Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional 2009.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susilana, Rudi, dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : Wacana Prima.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional. 2010. Jakarta : diperbanyak oleh CV Azzahra.
Usman Husaini dan Akbar Purnomo Setiady. 2009. Metodologi Penelitian Sosial, Edisi Kedua. Bandung : Bumi Aksara.
Uyu Wahyudin dan Mubiar Agustin, 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Refika Adita : Bandung
Uzer Usman Moh., 2010. Menjadi Pendidik Profesional, Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Copyright (c) 2017 AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative commons attribution lisense (CC-BY)