Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jama'ah Umrah Jasmine Tour dan Travel Surabaya

  • Mas Songko Sekolah Tinggi Ilmu Syariah SBI Surabaya
  • Ahamad Aziz Sulthon Sekolah Tinggi Ilmu Syariah SBI Surabaya
Keywords: Keywords: Hajj and Umrah Travel Agents, Customer Satisfaction, Service Quality

Abstract

Traveling for Hajj and Umrah requires travel agents who provide maximum and satisfying services. The purpose of this study was to analyze the jamaa'ah's satisfaction with the service quality of Jasmine Tour & Travel Surabaya. This study uses primary data through a questionnaire. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 54 samples obtained. This study uses multiple regression analysis methods using SPSS statistical tools. The empirical results show that partially tangible variables, reliability, responsiveness, assurance, and empathy have an effect on consumer satisfaction at Jasmine Tour & Travel Surabaya's Jam'ah Umrah. Apart from that, simultaneously all the independent variables simultaneously have a significant positive effect on consumer satisfaction at Jam'ah Umrah Jasmine Tour & Travel Surabaya.

References

Al-Kahlawi, Muhammad Ablah, Buku Induk Haji Dan Umrah Untuk Wanita (Jakarta: Zaman, 2009)

Chulaifi, Muhammad In’amul, and Endang Setyowati, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada PT. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya’, Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03.01 (2018), 40–54

Erwin, and Tumpal J. R Sitinjak, ‘Kontribusi Kualitas Jasa, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen’, Jurnal Manajemen, 13.2 (2017), 85–191

Fadillah, Lia, ‘Strategi Dan Manajemen Travel Haji Dan Umroh ( Studi Analisis Persaingan Travel Haji Dan Umroh Kota Medan Dalam Pelayanan Dan Kualitas Untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen)’, Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, IV.1 (2019), 1–24

Fikri, Sirhan, Wahyu Wiyani, and Agung Suwandaru, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepusan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang)’, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3.1 (2016), 120–34

Haryono, Tulus, ‘Pentingnya Menjaga Dan Meningkatkan Hubungan Baik Dengan Konsumen Dalam Masa Krisis’, JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3.1 (2010), 75–82

James, Barnes G., Secrets of Customer Relationship Management (RahasiaManajemen Hubungan Pelanggan), 2003

Kotler, P., and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2009)

Najib, Moh Farid, ‘Analisis Tingkat Prioritas Atribut Kualitas Layanan Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Logistik’, Jurnal Administrasi Bisnis, 8.1 (2012), 58–72

Nazaruddin, H.M. Nasrun, Rahmat Hidayat, and Ricco Andreas, ‘Analisis Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Daya Saing Biro Perjalanan Haji Dan Umroh Prospektif Ekonomi Syari’ah’, Journal of Nizham, 8.1 (2020), 95–112

Nityasari, Aulia Hayu, and Sutopo, ‘Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Jamaah Umroh Tahun 2010-2012 ( Studi Kasus Pada Pt Fatimah Zahra Semarang )’, Diponegoro Journal of Management, 2.3–4 (2013), 5–9

Peter, J. Paul, and Jerry C Olson, Consumer Behavior (Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran) Edisi Keempat. (Jakarta: Erlangga, 1996)

Ramadhan, Aldi Nurcahyadi, H. Cece Rakhmat, and Suci Putri Lestari, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Ayam Pedaging Cita Poultry Shop Tasikmalaya)’, Jurnal Hexagro, 3.1 (2019), 1–5

Ratnasari, Ririn Tri, and Mastuti, Manajemen Pemasaran Jasa, 2011

Roger, G.S., Implications For Marketing Strategy, 1995

Saputra, Agus Romdlon, ‘Motif Dan Makna Sosial Ibadah Haji Menurut Jama’Ah Masjid Darussalam Wisma Tropodo Waru Sidoarjo’, Kodifikasia, 10.1 (2016), 89–108

Senjaya, Vivie, Hatane Samuel, and Diah Dharmayanti, ‘Pengaruh Customer Experience Quality Terhadap Customer Satisfaction & Customer Loyalty Di Kafe ExcelsoTunjungan Plaza Surabaya; Perspektif B2C’, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1.1 (2013), 1–15

Sugiarto, Endar., Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama., 2002)

Thib, Ahmad Raya, and Siti Musdah Mulia, Menyalami Selat-Buluk IIbadah Islam (Jakarta: prenada media, 2003)

Zulfa, M, ‘Multidimensional Phenomena of Hajj: Study of Javanese Pilgrims’, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 5.1 (2015), 135–62
Published
2021-04-15
Section
Articles