Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Nur Vita Anggaraini sekolah tinggi stai al fithrah Surabaya
Keywords: Strategi, Pemasaran, produk, pembiayaan, analsis swot

Abstract

Adanya persaingan yang ketat menuntut suatu bank untuk berlomba-lomba dalam menguasai pasar bahkan ingin berada pada posisi paling berpengaruh di pasar persaingan. Suatu bank perlu melakukan kajian dalam strategi pemasaran karena bertujuan untuk menguji serta menilai sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Strategi pemasaran dalam sektor ekonomi yang ada di Indonesia cukup berkembang dengan pesat, salah satu hal yang paling penting dalam sektor ekonomi adalah pemasaran. Dimanapun berdirinya suatu perusahaan pasti memiliki strategi  agar unggul dalam bersaing demi mengembangkan dan memajukan perusahaannya seperti dalam sektor keuangan. Strategi pemasaran dalam sektor ekonomi yang ada di Indonesia cukup berkembang dengan pesat, salah satu hal yang paling penting dalam sektor ekonomi adalah pemasaran. Dimanapun berdirinya suatu perusahaan pasti memiliki strategi  agar unggul dalam bersaing demi mengembangkan dan memajukan perusahaannya seperti dalam sektor keuangan. PT BPRS Madinah Lamongan adalah salah satu bank pembiayaan rakyat syariah di kota Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif menurut perspektif ekonomi Islam pada PT. BPRS Madinah Lamongan, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk  yang diterapkan PT. BPRS Madinah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif menurut perspektif ekonomi Islam yaitu diimplementasikan  menggunakan analisa marketing mix/bauran pemasaran yang terdiri dari  4P  product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat).

References

Ali, Muhammad. Kamus Lengkap Bahas Indonesia Modern. (Jakarta : Pustaka Amani. 1990).

Antonio, M. Syafi’i. Dasar- Dasar Manajemen Bank Syariah. (Jakarta: Pustaka Alfabeta, cet ke-4. 2006)
Assauri, Sofjan. Strategi Marketing. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2012).
Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011).

Bislon, Simamora. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2003)

Fahmi, Irham. Manajemen Strategis, (Bandung : Alfabeta. 2014).
Firdaus, Muhammad. dkk, Dasar dan Strategis Pemasaran Syariah, (Jakarta : Renaisan. 2005).

Jati, Kuncoro. Kumroni Makmuri, Ch. Desi Kusmindari, Analisis SWOT dan AHP Dalam Penentuan Strategi Pemasaran di PT. Agro Palindo Sakti (WILMAR), (Jurnal. Universitas Bina Dharma Palembang).

Kartajaya, Hermawan. dan Muhammad Syakir Sula, Marketing Syariah. (Bandung :Mizan. 2015)

Kasmir, Manajemen Perbankan, (Jakarta: PT Raja Grafindo. 2000).

Kotler, Philip dan Gari Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis, (Yogyakarta : Graha Ilmu. 2008)

Muhammad. Model-model Akad Pembiayaan di Bank Syariah, (Yogyakarta : UII Press. 2009).

Rangkuti, Freddy.. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 1997)

Sjahdeini, Sutan Remy. Perbankan Islam, (Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, cet ke-3. 2007)
Sofjan, Assauri. Strategi Marketing, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2012)

Syanturi, Allen Fatma. Analisis Strategi Pemasaran Produk Ib Hasanah Card Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif, (Skripsi, Universitas Islam Negri Raden Intanlampung. 2017)

Thomas Sumarsan, Sistem Pengendalian Manajemen : Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja, Jakarta : Indeks Permata Puri Media, edisi 2, t.t. 61-62.

Umar, Husein. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. 2005)

Wiroso.. Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. (Jakarta: PT Grafindo. 2005).
Published
2021-04-20
Section
Articles