Konsep Dasar Pendidikan dalam al-Qur’an

  • Muhammad Wahyudi Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Dalam al-Qur’an telah banyak isyarat mengenai pentingnya pendidikan. Bahkan jika al-Qur’an dikaji lebih mendalam maka kita akan menemukan beberapa prinsip dasar pendidikan, yang selanjutnya bisa kita jadikan inspirasi untuk dikembangkan dalam rangka membangun pendidikan yang bermutu. Ada beberapa indikasi yang terdapat dalam al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan antara lain; Menghormati akal manusia, bimbingan ilmiah, ftrah manusia, penggunaan cerita (kisah) untuk tujuan pendidikan dan memelihara keperluan sosial masyarakat . Untuk mengkaji aspek pendidikan dalam al-Qur’an maka makalah ini sengaja dibuat, untuk mengetahui pengertian pendidikan, istilah-istilah pendidikan dalam al-Qur’an, hakikat dan prinsip dasar, serta analisis problem di dunia pendidikan Islam terutama di Indonesia, bagaimana konsep ideal pendidikan Islam, dan bagaimana realitas pendidikan Islam di Indonesia? serta bagaimana mewujudkan pendidikan Islam yang bermutu?
Published
2016-05-22
How to Cite
Wahyudi, M. (2016). Konsep Dasar Pendidikan dalam al-Qur’an. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 40-49. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.40-49
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.