Trilogi Masyarakat, Agama dan Ilmu sebagai Bangunan Pendidikan dalam Islam

  • Agus Darmawan Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Sebagai pemeran utama dalam perubahan, perkembangan dan kemejuan, masyarakat, agama dan ilmu pengetahuan harus mampu bertahan dari segala hal yang membingungkan. Hal-hal yang mencampuradukkan antara kebenaran dan kepalsuan, kenyataan dan ilusi serta tawaran-tawaran cara pandang ambigu, yang akhirnya akan menyandera diri mereka dalam batasan wilayah tertentu. Batasan-batasan ini akan mampu dirobohkan jika memiliki cara pandang yang baik, benar dan tepat, yaitu cara pandang yang berlandas pada agama dengan diperuncing oleh tingkat keilmuan yang mumpuni serta ditopang oleh sebuah sistem organisasi yang tertata rapi. Dengan pemimpinnya sebagai public figure yang kompeten. Seorang figur yang dapat menunjukkan pilihan yang terbaik, relevan serta sesuai kebutuhan dengan cara yang sangat hati-hati, namun tetap berada dalam koridor normative yang baik, yaitu agama.
Published
2017-06-30
How to Cite
Darmawan, A. (2017). Trilogi Masyarakat, Agama dan Ilmu sebagai Bangunan Pendidikan dalam Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 66-81. https://doi.org/10.54180/elbanat.2017.7.1.66-81
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.