Geliat Teori Sistem dalam Membaca Fenomena Pendidikan
Abstract
Artikel ini berbicara mengenai dunia pendidikan khususnya pesantren dalam bingkai teori sistem. Melihat dunia pendidikan sebagai satu struktur masyarakat, tulisan ini bertujuan membaca aktifitas manusia sebagai rangkaian fungsi-fungsi yang berperan dan bernilai. Dalam perspektif teori sistem pesantren merupakan satu contoh sebuah sistem terbuka. Artinya segala aspek yang berhubungan dengan proses pendidikan di dalamnya, secara terus menerus telah memicu pertukaran informasi. Ia juga terbentuk karena adanya komitmen; consensus; solidaritas; kerja sama; selain itu sistem sosial cenderung untuk bertahan dan berintegrasi. Oleh karena itu, dalam sistem sosial selalu dibutuhkan adanya otoritas dan legitimasi. Sehingga dunia pendidikan dapat dikatakan telah melakukan proses asimilasi bahkan Islamisasi sumber daya dari dan untuk lingkungan. Proses ini berlangsung secara kontinyu dan berulang-ulang.Copyright (c) 2017 EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.