Menimbang Sejarah sebagai Landasan Kajian Ilmiah; Sebuah Wacana Pemikiran dalam Metode Ilmiah

  • Fatchor Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Sepertihalnya puzzle yang berserakan, sejarah perlu dikodifikasi dalam sebuah bingkai ilmiah supaya dapat menyumbangkankan informasi bagi generasi masa depan. Artikel ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Sejarah tidak mungkin bisa terlepas dari aspek masyarakat, asumsi yang berkembang, difinisi yang dipahami, fakta, kebudayaan, bahasa dan pelbagai hal lainnya. Oleh karena itu, ia harus disusun dalam satu bangunan yang memuat segala macam ilmu, mulai dari bahasa, philology, dokumen, ekonomi, kebudayaan bahkan dunia perpolitikan. Sehingga, sejarah sebagai suatu disiplin keilmuan telah melahirkan pelbagai macam disiplin lain yang diturunkan darinya, tentunya dengan fokus yang bermacam-macam, meskipun tetap dalam satu payung besar yang bernama perubahan era. Dalam prosesnya, sejarah tidak dapat terlepas dari elemen-elemen seperti; pandangan hidup, kepercayaan, bias personal, kejujuran, keterpihakan dan prasangka kelompok. Namun jika hal ini dapat dilalui maka bukan tidak mungkin ia akan mampu mencapai tujuan sebenarnya dari belajar dari masa lalu.
Published
2017-06-30
How to Cite
Rahman, F. (2017). Menimbang Sejarah sebagai Landasan Kajian Ilmiah; Sebuah Wacana Pemikiran dalam Metode Ilmiah. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 128-150. https://doi.org/10.54180/elbanat.2017.7.1.128-150
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.