Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa baik berupa alat ataupun bahan ajar. Selain itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomonikasi dengan siswa agar lebih efektif semangat dan antusias dalam kegiatan bealajar dan pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Penelitian ini terdiri dari beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah bagaimana penggunaan media, bagaimana kendala penggunaan media, dan bagaimana mengatasi kendala tersebut. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan: Pertama: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran LKS dan PryektorLCD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Kedua: Kendala-kendala yang peneliti dapati ketika menggunakan media LKS dan Proyektor LCD pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo sebagai berikut: Kurang siapnya siswa dalam mengikuti pelajaran pada pertemuan pertama dengan menggunakan media LKS, Masih ada siswa yang lupa membawa LKS. Ketiga: Adapun upaya-upaya yang dilakukan sebagai berikut: Memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar, Menyarankan kepada siswa agar selalu membawa LKS-Nya dan jangan sampai lupa.Copyright (c) 2018 EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.