Hasyim Asy’ari: Mendidikan dengan Etika dan Tasamuh

  • Moch. Kalam Mollah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Abstract

Dalam kacamata Hasyim Asy’ari perkembangan ilmu memicu perkembangan peradaban namun tidak secara otomatis juga menghadirkan kesempurnaan moralita dan nilai-nilai kemanusiaan, justru sebaliknya menghadirkan dekadensi mental. Orang cerdas bahkan cendekiawan begitu banyak namun Kegersangan moral akan nilai-nilai spiritualitas ternyata menjadi persoalan yang bisa dikatakan sebagai awal dari segala persoalan bangsa ini. Oleh karena itu Hasyim Asy’ari mencoba merekonstruksi persoalan ini dengan mencoba menawarkan implementasi nilai-nilai spiritual yang bersumber dari akidah Islamiyah ke dalam satu integrasi antara sikap toleran dan keadilan Islami dalam bersosial masyarakat. Ia juga menawarkan tasawuf sebagai solusi alternatif atas problematika modernitas saat ini.
Published
2018-11-17
How to Cite
Mollah, M. K. (2018). Hasyim Asy’ari: Mendidikan dengan Etika dan Tasamuh. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 118-135. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.118-135
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.