Kerjasama Guru dan Spervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Ar-Rohmah Boarding School Pesantren Hidayatullah Dau Malang

  • Muhammad Rouf Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Tuban
  • Nur Ajeng Maftukhah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim Tuban

Abstract

Kualitas pembelajaran yang baik hanya akan bisa tercapai apabila para guru yang ada di dalamnya dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Dalam hal ini peran yang sangat besar ada pada supervisor pendidikan, yaitu kepala sekolah sebagai supervisor internal dan pengawas sekolah sebagai supervisor eksternal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi tugas pokok dan fungsi supervisor dalam melakukan peningkatan pembelajaran, implementasi tugas pokok dan fungsi guru dalam melakukan peningkatan pembelajaran, dan kerja sama antara  supervisor dan guru dalam meningkatkan pembelajaran siswa di SMP Boarding School Pesantren Hidayatullah Dau Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada setiap fokus penelitian yang telah dirumuskan.          Dalam penelitian ini, ada tiga temuan penting sebagai hasil analisis. Pertama, supervisor kurang maksimal dalam memberikan pembinaan secara aktif kepada guru di SMP Ar-Rohmah ini. Kedua, Mayoritas guru di SMP Ar-rohmah ini melakukan pembelajaran dengan baik dan mematuhi semua SOP (Standard Operating Procedure) yang telah ditetapkan di sekolah. Walaupun penguasaan metode pembelajaran kurang, mereka sangat antusias untuk belajar berinovasi dalam melakukan pembelajaran di kelas. Ketiga, kerja sama antara guru dan pengawas lebih banyak dilakukan di dalam sekolah yang diinisiasi oleh sekolah sendiri. SMP Ar-Rohmah lebih berperan aktif dari pada pembinaan yang dilakukan oleh supervisor eksternal.
Published
2019-03-18
How to Cite
Rouf, M., & Maftukhah, N. A. (2019). Kerjasama Guru dan Spervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Ar-Rohmah Boarding School Pesantren Hidayatullah Dau Malang. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 35-61. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.35-61
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.