Author Guidelines
Artikel yang dikirim ke redaksi Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, harus mengikuti ketentuan-ketentuan teknis sebagai berikut:
1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian pendidikan keislaman dalam ragam lingkup kajian, antara lain:
Manajemen Pendidikan Islam
Politik Pendidikan Islam
Madrasah dan Sekolah Islam
Pesantren
Pendidikan Informal dan Non Formal Islam
2. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal (berkala ilmiah) lain atau buku bunga rampai.
3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim melalui email ke alamat: tarbawialfithrah@gmail.com. Panjang tulisan 15-25 halaman. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.
4. Menyertakan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).
5. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik, jabatan, atau kepangkatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telpon kantor atau telpon seluler.
6. Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memperhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, artikel dalam jurnal, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah atau surat kabar), skripsi, tesis, disertasi, maupun kitab suci. Sebagai contoh:
A. Buku—Jamâl al-Bannâ, Naḥw Fiqh Jadîd: Muná¹aliqât wa Mafâhîm (Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 1999), 23.
B. Buku Terjemahan—Chalmers, A. F., Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra (Jakarta: Hasta Mitra, 1983), 26.
C. Buku berjilid—Nadîm Marghalî dan Usâmah Marghalî, al-Murshid ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, Ḥadîth ke-2454 (Beirut: Muassasah al-Risâlah, Cet. Ke-3, 1989), 121.
D. Artikel dalam Buku—Sarjuni, “Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabendâ€, dalam Listiyono Santoso dkk, Epistemologi Kiri (Yogyakarta: ar-Ruzz, 2003), 155.
E. Artikel dalam Ensiklopedia—Samsu Rizal Panggabean, “Dîn, Dunyâ, dan Dawlah†dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6 (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.), 50.
F. Artikel dalam Jurnal—‘Abd al-Amîr Zâhid, “al-Khiá¹Ã¢b al-‘Almânî al-‘Arabî al-Mu‘âṣir: Târîkhîyatuh wa Bunyatuh al-Mawá¸Ã»â€˜Ã®yah†dalam al-Minhâj, Vol. 27 (Kairo: Muassasah al-Ahrâm, 2002), 14.
G. Artikel dalam Media Massa—Muhammad AS Hikam, “NU dan Gerakan Civil Society di Indonesiaâ€, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994, 1.
H. Artikel dalam Internet—Hâshim Ṣâliḥ, “Jamâl al-Bannâ bayn al-Iṣlâḥ al-Dînî wa al-Tanwîr†dalam www.assyarqalawsat.com/24-Mei-2004/diakses 20-Juni-2008.
I. Skripsi, Tesis, dan Disertasi—Thoha Hamim, “Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961) (Disertasi-McGill University, 1996), 81.
J. Kitab Suci: al-Qur’ân dan Injil—QS. al-Fâtiḥah [1]: 4; Perjanjian Baru, Yoh. 20: 31.
7. Penulisan Artikel dalam Jurnal Teosofi ini menggunakan pedoman transliterasi Arab-Indonesia sebagaimana dalam buku panduan yang ditetapkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah sebagai berikut. yaitu; ب ,(’) ا (b), ت (t), Ø« (th), ج (j), Ø (ḥ), Ø® (kh), د (d), Ø° (dh), ر (r), ز (z), س (s), Ø´ (sh), ص (á¹£), ض (á¸), Ø· (á¹), ظ (ẓ), ع (‘), غ(gh), Ù (f), Ù‚ (q), Ùƒ (k), Ù„ (l), Ù… (m), Ù† (n), Ùˆ (w), _ (h), Ø¡ (’), Ù‰ (y). Untuk menunjukkan bunyi hidup panjang (madd) dengan menuliskan coretan di atas huruf â, î, dan û. Bunyi hidup dobel (dipthong) Arab ditransliterasikan dengan menggabung dua huruf ay dan aw, seperti layyinah, lawwâmah. Kata yang berakhiran tâ’ marbûá¹ah dan berfungsi sebagai á¹£ifah (modifier) atau muá¸Ã¢f ilayh ditransliterasikan dengan ah, seperti akhlâq karîmah, faá¸Ã¢â€™il al-zakâh, sedangkan yang berfungsi sebagai muá¸Ã¢f ditransliterasikan dengan at, seperti jannat al-na‘îm.