Optimalisasi Kemampuan Maharah- Al Kalam Melalui Penerapan Authentic Assessment Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di SD Al-Qodiri Jember

  • Fathor Rahman Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Fakta di lembaga pendidikan tertama guru,  banyak yang beranggapan bahwa penilaian bukan merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran. Sehingga kegiatan penilaian ini hanya dijadikan moment untuk menandai bahwa pembelajaran telah usai, bahkan ironis sekali kegiatan penilaian ini dijadikan ajang untuk menghakimi peserta didik†apakah pinter atau bodoh, apakah ranking atau tidak “.Kenyataan ini kontradiksi, bahwa penilaian merupakan bagian dari pembelajaran dan elemen penting yang berfungsi bukan hanya uantuk mengetahui ketercapaian suatu kompetensi peserta didik, tapi juga untuk perbaikan mutu pendidikan. Authentic Assessment dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melakukan penelian. Penilaian ini merupkan suatu bentuk penilaian yang menuntut  peserta didik untuk menerapan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sehingga peserta didik dapat menunjukkan  kinerja sebagaiman dalam dunia nyata. Jenis penilaian penting untuk diterapkan dalam kontek pembelajaran bahasa arab, terutam Maharah al Kalam. Karena umumnnua, kemampuan dalam berbicara bahasa arab di sekolah tingkat dasar mash sangat rendah. Sekolah Dasar Plus Al Qodiri merupakan sekolah yang berbasis pesantren, salah satu prgoramnya adalah peserta didik memiliki keterampilan dalam bahasa arab. Melalui program “ Yaumu al ‘Araby†diharapkan tercipta lingkungan yang mendukung tercapainya kemampuan Maharah al Kalam  peserta didik. Oleh karena itu urgent sekali untuk dilakukan  penelitian jenis kualitatif tentang bagaimana optimalisasi kemampuan Maharah al Kalam melalui Authentic Assessment dalam Pembelajaran bahasa arab di SD Al-Qodiri Jember. Dengan peneitian kualitatif diperoleh kesimpulan bahwa Authentic Assessment dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Maharah al Kalam . Indikator keberhasilan ini dapat dibuktikan bahwa ; 1)  peserta didik responsif dan interaktif dalam mengikuti pembelajaran Maharah al Kalami. 2) 90 % peserta didik mampu mengucapkan beberapa mufradat yang ada di lingkungan sekolah, baik di halaman, kelas, kanntor ataupun di kantin, 84,3% peserta didik mampu saling menyapa dengan guru, temanya dengan teks-teks percakan Ta’aruf dan 80 % peserta didik mampu menjawab ungkapa-ungkapan sapaan, perintah, larangan  yang ditanyakan oleh guru. Keyword: Maharah- Al Kalam, Authentic Assessment, Pembelajaran Bahasa Arab  
Published
2022-11-20
How to Cite
Rahman, F. (2022). Optimalisasi Kemampuan Maharah- Al Kalam Melalui Penerapan Authentic Assessment Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di SD Al-Qodiri Jember. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 18-33. https://doi.org/10.53515/lan.v4i1.4861
Section
Articles