Ta’lim Ta’lim Mahâratu al-Kitâbati At-Ta’bîr At-Tahrîrî Li al-Mustawâ al-Mutaqaddimî Bi Wasîlati Power Point

  • Lutfiah Amaliyah STIBA ARRAAYAH
  • Lu’lu’ Zakiyah STIBA Arraayah Sukabumi
  • Dalilah Khairiyah STIBA Arraayah Sukabumi
  • Mulyadi STIBA Arraayah Sukabumi

Abstract

Menulis adalah proses penting dalam pendidikan, karena merupakan elemen penting dari budaya dan kebutuhan sosial untuk menyampaikan dan mengungkapkan gagasan serta mempelajari gagasan dan pendapat orang lain serta mengenalnya. Jenis-jenis keterampilan menulis secara umum dibagi menjadi dua bagian; Merupakan penulisan fungsional dan penulisan kreatif, diperuntukkan bagi siswa tingkat lanjut, dan memerlukan keterampilan serta pemilihan bahan dan metode yang tepat, karena pada tingkat lanjutan ini siswa telah menguasai kaidah-kaidah menulis yang diperoleh pada tingkat sebelumnya. Pada level ini diajarkan menulis kreatif, dengan mata pelajaran antara lain menulis makalah, opini, prosa, karya ilmiah seperti jurnal, disertasi, dan lain-lain. Tujuan akhir pengajaran keterampilan menulis ekspresif di tingkat lanjut ini adalah untuk memperdalam kompetensi siswa dalam menulis dengan baik (keteraturan, gaya bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah penulisan). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan hasil penelitian ini adalah beberapa metode pengajaran keterampilan menulis ekspresif tingkat lanjut dengan menggunakan perangkat lunak presentasi.
Published
2025-02-15
How to Cite
Amaliyah, L., Lu’lu’ Zakiyah, Dalilah Khairiyah, & Mulyadi. (2025). Ta’lim Ta’lim Mahâratu al-Kitâbati At-Ta’bîr At-Tahrîrî Li al-Mustawâ al-Mutaqaddimî Bi Wasîlati Power Point. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 120-136. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6008