Analisis Program Guru Asuh dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter bagi Siswa SMPN 5 Sabang
Abstract
Program guru asuh melibatkan pendekatan yang lebih personal, dengan guru asuh berperan tidak hanya dalam pembelajaran akademik, tetapi juga dalam membimbing siswa untuk mengembangkan nilai-nilai positif seperti kedisiplinan, tanggung jawab, empati, dan rasa saling menghargai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program guru asuh, pelaksanaan program, dan keberhasilan program dalam meningkatkan pendidikan karakter bagi siswa SMPN 5 Sabang. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan SMPN 5 Sabang mengimplementasikan program guru asuh untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui mentoring harian, jurnal karakter, dan apresiasi perilaku positif. Program ini juga melibatkan kegiatan sosial seperti bakti sosial, gotong royong, serta penguatan nilai agama dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa yang tidak hanya berprestasi akademik, tetapi juga bermoral tinggi. Program guru asuh di SMPN 5 Sabang menggunakan pendekatan yang menggabungkan pembinaan nilai moral dan spiritual melalui mentoring, diskusi rutin, dan kegiatan sosial. Dengan melibatkan guru asuh, guru mata pelajaran, dan guru PAI, program ini mengembangkan nilai-nilai seperti kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab, serta membekali siswa dengan karakter positif untuk kehidupan masa depan. Keberhasilan program guru asuh di SMPN 5 Sabang terlihat dari peningkatan sikap dan perilaku siswa, seperti kedisiplinan dan tanggung jawab. Evaluasi dilakukan melalui laporan bulanan, observasi kelas, serta umpan balik dari orang tua. Program ini tidak hanya mendukung perkembangan akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa secara holistik, mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang lebih baik di sekolah dan masyarakat.Copyright (c) 2025 Suriati Suriati, Saiful, Nurbayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Contents on this site are licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)