Manajemen Pengembangan Tenaga Pendidik di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang

  • MOCH. SYA’RONI HASAN STIT al-Urwatul Wutsqo Jombang
Keywords: Manajemen, Pegembangan Pendidik.

Abstract

This study describe the implementation of Management developmenteducators at SMA Primaganda, Bulurejo Diwek, Jombang. The approach in thisstudy is a qualitative case study type. used data collection methods as well as therole of observation, interview and documentation. This study used a qualitativedescriptive approach. To check the validity of the data used extension study,perseverance observation, and triangulation. The analysis comes up with theconclusion that: (1). Development Planning educators: announcement held at thebeginning of the new academic year, the drafting team was formed educatorsdevelopment commission held hearings, the commission meeting is a forum forreviewing, memproduct and developed the concept of the development of educatorswho have been prepared. (2). The development of educators with activities ofinteraction with educators through formal and informal activities. Formalactivities in the development of educators, for example through mentoringactivities (tutorials), informally can be done through informal conversations in theroom as educators, yard madrassas and other places that are not resmi. (3).Problems encountered and solutions in the implementation of management effortspengembanagan educators (teachers) at SMA Primaganda include issues of timeand also there are many teachers who have not been able to use electronic means ofcomputer, the solution given is the clock supplied to the teacher to be able to learnwho helped by tutors.AbstrakPenelitian ini mendiskripsikan tentang pelaksanaan manajemenpengembangan pendidik (educators) di SMA Primagama, Bulurejo Diwek,Jombang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipepenelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengecek validitasdata, peneliti menggunakan studi ekstensi, observasi ketekunan, dantriangulasi. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa:(1). Perencanaan pengembangan pendidik: pengumuman diadakan padaawal tahun ajaran baru, tim perumus membentuk komisi pengembanganpendidik untuk melakukan rapat komisi, sidang komisi adalah forumuntuk mengkaji, menghasilkan dan mengembangkan konseppengembangan pendidik yang telah disiapkan. (2). Pengembanganpendidik dilakukan dengan kegiatan interaksi melalui kegiatan formal daninformal. kegiatan formal dalam pengembangan pendidik, misalnyamelalui kegiatan mentoring (tutorial), untuk kegiatan informal dilakukanmelalui percakapan informal di ruang guru, halaman madrasah dantempat-tempat lain yang tidak resmi. (3). Problematika dalam pelaksanaanmanajemen pengembanagan pendidik (guru) di SMA Primagandamencakup masalah waktu dan juga banyaknya guru yang belum mampumenggunakan media komputer dalam pembelajaran. Solusi dariproblematika tersebut adalah memberikan waktu kepada guru untukmempelajari media komputer yang dibantu oleh tutor.

References

Alma, B. dkk. 2008, Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran jasa Pendidikan. (Bandung: Alfabeta.

Basrowi dan Sukidin, 2002, Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro, Surabaya: Insan Cendikia.

Direktorat Pembinaan TK dan SD Kemendiknas. 2002, Panduan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Standar Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Fatah, N. 2004, Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

French, H. dkk. 1983, The Dictionary of Management. London : Paris Book.

Mulyono. 2007 Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta. Utama Press.

Nawawi, H. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Notoatmojo, S. 1998, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pfeffer, Jeffrey et.al. 2003, Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Amara Books.

Prasetyo, Teguh. Praktik Sumber Daya Manusia Yang Progresif, Upaya Membangun Keunggulan Bersaing, Jurnal Ekonomi Dan Manajmen, Vol 1 Nomor 1. Malang: Program Maggister Manajemen Universitas Gajayana. 2000.

Purwanto, N. 2003, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rasyid, H, 2000, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama, Pontianak: STAIN Pontianak.

Suparyogo, I. dan Tobroni, 2001, Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________, 2001, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, I. K. 2000, Al-Qur’an dan Ilmu Administrasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Terry, G. R. 1986, Principles of Management, terj. Winardi, Azas-Azas Manajemen, Bandung: Alumni.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winardi, 2008, Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.
Published
2017-03-03
How to Cite
HASAN, M. S. (2017, March 3). Manajemen Pengembangan Tenaga Pendidik di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. FIKROTUNA, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2747
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.