Urgensi Kurikulum Integrasi di Pondok Pesantren dalam Membentuk Manusia Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3097Keywords:
globalization, modernization, pesantren, integrated curriculum, life skills.Abstract
Derasnya arus globalisasi dan modernisasi menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, termasuk pesantren. Globalisasi dan modernisasi memang dapat mendonkrak pendidikan ke arah kemajuan, namun kehadirannya perlu disikapi dengan langkah bijak agar tidak berdampak negatif terhadap pesantren. Menyikapi arus globalisasi dan modernisasi dapat dilakukan dengan inovasi pesantren terutama pengembangan kurikulumnya. Pengembangan kurikulum dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum umum atau pemerintah yang mutlak menjadi kebutuhan santri untuk bersaing di dunia nyata di masyrakat. Dibukanya lembaga pendidikan formal di pesantren mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi merupakan contoh terlaksananya integrasi kurikulum di pesantren. Dengan kurikulum integrasi menjadikan santri mampu berkiprah di tengah kerasnya arus globalisasi dan modernisasi. Kurikulum pesantren juga dapat dikembangkan dengan menggunakan kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skills), dimana santri dikekali dengan kemampuan dalam memecahkan berbagai masalah hidup dan keterampilan-keterampilan tertentu seperti pertanian, pengembangan ekonomi, elektronik, montir, industri rumah tangga, dan usaha produktif lainnya.References
Fauzan, Peran Pesantren dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter, Elfurqonia-Jurnal Ushuluddin dan Ilmu Keislaman STIU Al-Mujtma’ Pamekasan Volume 01, Nomor 01. Agustus 2015
Hariyanto dan Minhaji, “Total Quality Management Berbasis Pesantren (Kajian Perspektif Pengelolaan Pendidikan Pesantren)”, Jurnal Fikrouna, Volume 4, Nomor 2 . Desember, 2016
Langgulung, Hasan. 1986. Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna
Arifin, Imron. 1993. Kepemimpinan Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang (Kalimasahada Press:)
Afiful Hair, Moh. Manajemen Pembaharuan Pesantren di Tengah Tantangan Kehidupan Masarakat Global, Jurnal Fikrotuna, Volume 4, Nomor 2 Desember, 2016
Mahfud, Moh. dan Hairit, Artamin “Pondok Pesantren Masa Depan (Studi Pola Manajemen PP. Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan)”, Jurnal Fikrotuna, Volume 4., Nomor 2 Desember, 2016
Masyhud, M. Sulthon dkk. 2004 Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, Cet. II,
Nurdin, Muhamad “Menggagas Pesantren Masa Depan”, dalam http://www.nu.or.id/post/read/72432/menggagas-pesantren-masa-depan (25 September 2017)
Mulyasa. E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah- Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung PT Remaja Rosda Karya
Qomar, Mujammil. 2005. Pesantren: dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga,
Sulthon M. dan Khusnuridlo, Moh. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global, Yogyakarta (LaksBang PRESSindo:2006)
Pusat Bahasa Al-Azhar, “Life Skill untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren Sebagai Bagian dari Usaha Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Bangkalan, dalam https://pusatbahasaalazhar.wordpress.com. 15 September 2017
Suparlan, 2011. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum Dan Materi Pembelajaran,Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penulis Pustaka Sidogiri, 1431. Mengapa Saya Harus Mondok di Pesantren?, Pasuran:Pustaka Sidogiri
Dhofier, Zamakhsyari 2015. Tradisi Pesantren- Studi Pandangan Kyai dan visinya Mengenai Masa Depan Pesantren, Jakarta :LP3ES,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)