Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3937Keywords:
Impikasi, Nilai-nilai Profetik Kuntopwijoyo, Pengembangan kurikulumAbstract
Penulisan karya ilmiah ini dimaksudkan untuk mengkaji dan menganalisis konsep nilai-nilai profetik perspektif Kuntowijoyo dengan kerangka filsafat pendidikan, kemudian apa implikasinya bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif kriteria bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di masa depan. Metode penulisannya menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan deskriptif analitis dan kritis; metode pengumpulan datanya : metode dokumenter, yaitu mencari data mengenai konsep pemikiran Kuntowijoyo tentang nilai-nilai profetik dalam karya-karya yang dihasilkannya; sedang analisis datanya dengan deduktif, induktif dan kontekstual. centered). Dalam segi pegembangan komponennya adalah, tujuan, materi, strategi dan evaluasi.References
Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode,Yogyakarta: Andi Offset, 1997.
Fahmi, M., Islam Transendental: Menelusuri Jejak-Jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo, Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.
Hamalik, Oemar, Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan: Sistem dan Prosedur, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
_______, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1993.
_______, Muslim Tanpa Masjid: Esai-Esai Agama, Budaya, dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transendental, Bandung: Mizan, 2001.
_______, Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia, Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar, 1994.
_______, Identitas Politik Umat Islam , Bandung: Mizan, 1997.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Sirry, Mun’im A. Membumikan Peran Profetik Agama (2005) dalam qalam.or.id/index.php?aksi=lihat&id=30&pilih=news-26kss.
Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Subandijah, Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Tim, Al Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Depag RI dan Penerbit Al Hidayah, 2002
Fahmi, M., Islam Transendental: Menelusuri Jejak-Jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo, Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.
Hamalik, Oemar, Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan: Sistem dan Prosedur, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
_______, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1993.
_______, Muslim Tanpa Masjid: Esai-Esai Agama, Budaya, dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transendental, Bandung: Mizan, 2001.
_______, Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia, Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar, 1994.
_______, Identitas Politik Umat Islam , Bandung: Mizan, 1997.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Sirry, Mun’im A. Membumikan Peran Profetik Agama (2005) dalam qalam.or.id/index.php?aksi=lihat&id=30&pilih=news-26kss.
Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Subandijah, Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Tim, Al Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Depag RI dan Penerbit Al Hidayah, 2002
Downloads
Published
2020-07-31
How to Cite
Tolchah, M. (2020). Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3937
Issue
Section
Articles