Relevansi Konsep Pendidikan Sosial Anak Perspektif Abdullah Nasih Ulwan Dengan Tujuan Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4163Keywords:
Pendidikan, Sosial, Anak, Abdullah Nasih Ulwan, Tujuan Pendidikan nasionalAbstract
Hidup bermasyarakat adalah sebuah keniscayaan. Namun seiiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, diiringi dengan semakin berkembangnya teknologi serta dekadensi moral yang semakin memprihatinkan, maka menjadi tantangan juga bagi seorang pendidik untuk mengupayakan agar peserta didik tidak hanya berkualitas secara akal, tapi berkualitas juga secara sosialnya. Karna hidup bermasyarakat merupakan keniscayaan, maka menjadi tantangan juga bagi seorang pendidik agar bisa mempersiapkan peserta didiknya menjadi anggota masyarakat yang baik. Salah satu dari tujuan Pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta mempunyai kemampuan untuk terjun ke tengah masyarakat dengan baik. Oleh karena itu Abdullah Nasih ulwan memberikan konsep Pendidikan sosial bagi anak yang beliau tulis dalam kitab Tarbiyah Al-Awlad Fi Al-Islam. Menurutnya, Pendidikan sosial adalah mendidik anak sejak dini dengan etika sosial yang baik dan menanamkan dasar-dasar jiwa yang luhur, yang bersumber dari akidah islam dan perasaan iman yang dalam. Memelihara dan mengutamakan hak-hak orang lain, mengamalkan tata krama atau ada sosial, menjaga dan menyelamatkan kehidupan sosial bermasyarakat. Dengan demikian si anak dapat hidup di masyarakat dengan pergaulan dan adab yang baik, pemikiran yang matang, dan bertindak secara bijaksana. Pemikiran Abdullah Nasih Ulwan ini sangat relevan jika dihubungkan dengan tujuan Pendidikan nasional.References
Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Al-Ghalayaini, Musthafa. T.Th. ‘Izhah Al-Nasyi’in. Surabaya : Al-Hidayah.
Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Arifin, M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah.1991. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Dewantara, Ki Hajar. 1992. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Hurlock, Elizabeth. 1991. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Joesoef, Solaeman. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Kartono, Kartini. 1982. Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
Lewis, Barbara A. 2004. Character Building Untuk Anak-Anak. Batam: Karisma Publishing.
Mahfudh, Sahal. 1994. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin,. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Nurseno. 2004. Sosiologi. Solo: Tiga Serangkai Mandiri.
Putra, Nusa Dan Ninin Dwi Lestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suyadi Dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ulwan, Abdullah Nashih. T.Th. Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam, Juz I. Beirut: Darussalam.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sinar Grafika, 2007)
Yahya, Yudrik. 2004. Wawasan Kependidikan. Jakarta: Depdiknas.
Zuhairini,dkk. 2004. Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)