Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII

Authors

  • Saeful Anam Institut KeislamanAbdullah Faqih (INKAFA) Gresik
  • Ahmad Amiq Fahman Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4164

Keywords:

Implementasi, Model Problem Based Learning, Pemahaman, MTs Mambaus Sholihin Gresik

Abstract

Penelitian ini  mengkaji Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Mambaus Sholihin Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang akan dilaksanakan di MTs Mambaus Sholihin, Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data berupa tulisan, kata-kata dan dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti dan dapat dipercaya. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasli penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang di terapkan di MTs Mambaus Sholihin telah berjalan sesuai teori dan definisi  meski agak sedikit berbeda dalam langkah-langkah. Namun begitu, esensi dari langkah-langkah PBL yang di lakukan para guru Fiqih MTs Mambaus Sholihin tetaplah sama dengan esensi yang di rumuskan para ahli yakni bisa melakukan proses pembelajaran berdasarkan masalah dan menuntut peserta didik lebih aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran apapun modelnya, para guru di tuntut harus lebih kreatif, inovatif dan sebisa mungkin membuat siswa bahagia dalam mengikuti proses pembelajaran. Begitu juga dalam menerapkan model pembelajaram PBL ini, selain harus kreatif, inovatif dan sabar, guru juga harus menyiapkan materi seringkas mungkin dan menyiapkan masalah-masalah yang dapat merangsamg siswa agar semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Abdul Majid. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Abu Qosim Al Ghozi. Fath Al Qorib. Al hidayah. Surabaya.
Ahmad Bin Umar AsySyathiri.Al YaquutAnNafiis. Al Hidayah. Surabaya.
Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta. Teras.
Anas Sudijono. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Rama.
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruz Media. Fathul Mujib. 2012. Super Power In Educating. Jogjakarta. Diva-Press.
Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Tips menjadiguruinspiratif. kreatif dan inovatif. Jogjakarta: Diva-press.
Lexy J. Moloeng. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
M. Ardistani Hasani. 2007. “Problem Based learning(PBL) dalam pembelajaran Qiroah”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maria Ulfa. 2009. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah di SMA Negeri 3 Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Miftahul huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Kualiotatif. dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Trianto. 2009. Pemikiran Belajar Melalui Pengembanagan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bidang DIKBUD Tokyo.
WahbahZuhaili. 2008. Al Fiqh Al IslamiWaAdillatuhu. Dar Alfikr. Damaskus.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif dan asesmen. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan; Jenis. Metode. Dan Prosedur. Jakarta. Kencana.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Anam, S., & Fahman, A. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4164

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.