Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4164Keywords:
Implementasi, Model Problem Based Learning, Pemahaman, MTs Mambaus Sholihin GresikAbstract
Penelitian ini mengkaji Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Mambaus Sholihin Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang akan dilaksanakan di MTs Mambaus Sholihin, Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data berupa tulisan, kata-kata dan dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti dan dapat dipercaya. Sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasli penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang di terapkan di MTs Mambaus Sholihin telah berjalan sesuai teori dan definisi meski agak sedikit berbeda dalam langkah-langkah. Namun begitu, esensi dari langkah-langkah PBL yang di lakukan para guru Fiqih MTs Mambaus Sholihin tetaplah sama dengan esensi yang di rumuskan para ahli yakni bisa melakukan proses pembelajaran berdasarkan masalah dan menuntut peserta didik lebih aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran apapun modelnya, para guru di tuntut harus lebih kreatif, inovatif dan sebisa mungkin membuat siswa bahagia dalam mengikuti proses pembelajaran. Begitu juga dalam menerapkan model pembelajaram PBL ini, selain harus kreatif, inovatif dan sabar, guru juga harus menyiapkan materi seringkas mungkin dan menyiapkan masalah-masalah yang dapat merangsamg siswa agar semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.References
Abu Qosim Al Ghozi. Fath Al Qorib. Al hidayah. Surabaya.
Ahmad Bin Umar AsySyathiri.Al YaquutAnNafiis. Al Hidayah. Surabaya.
Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta. Teras.
Anas Sudijono. 1986. Teknik Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Rama.
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruz Media. Fathul Mujib. 2012. Super Power In Educating. Jogjakarta. Diva-Press.
Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Tips menjadiguruinspiratif. kreatif dan inovatif. Jogjakarta: Diva-press.
Lexy J. Moloeng. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
M. Ardistani Hasani. 2007. “Problem Based learning(PBL) dalam pembelajaran Qiroah”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maria Ulfa. 2009. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah di SMA Negeri 3 Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Miftahul huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Kualiotatif. dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Trianto. 2009. Pemikiran Belajar Melalui Pengembanagan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bidang DIKBUD Tokyo.
WahbahZuhaili. 2008. Al Fiqh Al IslamiWaAdillatuhu. Dar Alfikr. Damaskus.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif dan asesmen. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan; Jenis. Metode. Dan Prosedur. Jakarta. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)