Model Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kepramukaan Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya

Authors

  • Uswatun Chasanah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Moh. Isbir STIT Miftahul Ulum Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4168

Keywords:

Empowering Character Education, Scouting, Students with special needs, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya salah satu madrasah yang sedang menuju madrasah inklusi. Peserta didik di madrasah ini terdiri dari beberapa jenis kategori peserta didik berkebutuhan khusus yaitu; kesulitan belajar, low vision, tuna daksa dan speech delay. Peserta didik yang tergolong berkebutuhan khusus ini mendapat perhatian yang sama dengan peserta didik reguler. Mereka juga berkewajiban mengikuti kegiatan ekstrakulikuler wajib (pramuka), dengan tujuan agar karakter mereka terbentuk dengan sempurna. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan model Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan kepramukaan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah diksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa model Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Kepramukaan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya dilakukan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam dasa dharma melalui tiga model yaitu model blok, model aktualisasi, model reguler. Implementasi model blok yaitu kegiatan kepramukaan dilakukan melalui perkemahan setahun sekali ajaran baru. Model aktualisasi yaitu kegiatan kepramukan yang diselenggarakan pada tiap minggu. Model reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.

References

Atmaja, Jati Rinakri. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019), Cet. 2.

Azal, Abdul Qadimul Batuk Puter: Swabatik untuk Penguatan Karakter.Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume. 10, Nomor. 02, Desember 2019, http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3787, (Accessed September 18, 2020).

Buli-Holmberg, Jorun dan Sujathamalini Jeyaprathaban.Effective Practice in Inclusive and Special Needs Education. International Journal of Special Education Vol 31, No: 1, 2016, https://scinapse.io/papers/2549013895, (Accessed September 18, 2020).

Erliani, Sa’adah. Peran Gerakan Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin), Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Muallimuna Vol. 2 No. 1 Oktober 2016, https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/view/2020, (accessed August 7, 2020).

Fajri, Em Zul, dan Ratu Aprillia, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Hartati, Siti. Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMP Negeri 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Hendarman, dkk, Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Indah Ratnawati dkk, Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan ekstrakulikuler Pramuka, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 3 September 2018, http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3690 (accessed August 20, 2020).

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pen.didikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: 2010.

Khoiriyah;, Anizar Ahmad ;,Dewi Fitriani, Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), Agustus 2016. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/446375, (accessed September 2, 2020).

Kusumawardani, Mei. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta, Skripsi Program Studi pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik universitas Negeri Yogyakarta,2013.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014, Pedoman Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Lubis, Rahmat Rifai. Historitas dan Dinamika Pendidikan Karakter di Indonesia, (jurnal An-Nahdhah, Vol.1 No. 2, Agustus-Januari 2019), https://www.researchgate.net/publication/338570297_HISTORISITAS_DAN_DINAMIKA_PENDIDIKAN_KARAKTER_DI_INDONESIA, (accessed August 20, 2020).

Marzuki; Lisa Hapsari, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di MAN 1 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Karakter Tahun V, Nomor 2, Oktober 2015, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8619, (accessed August 6, 2020).
Maunah, Binti. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam PembentukanKepribadian Holistik Siswa, Jurnal Pendidikan Karakter Tahun V , Nomor 1 April 2015, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8615, (accessed August 20, 2020).

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004.

Mukaffa, Zumrotul. Pengembangan Model Madrasah Inklusif (Studi Atas Kesiapan dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif MI Al-Hidayah Margorejo Surabaya), Edukasia,”Jurnal Penelitian Pendidikan Islam”, Vol. 12, No. 1 Februari 2017, https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2051, (accessed August 20, 2020).

Mutmainah, Motivasi Belajar Siswa Slow Learner, Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Volume 3, No. 2, 2017, https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/1038, (accesed August 6, 2020).


McGrath, Robert E. What Is Character Education?: Development of a Prototype. Journal of Character Education Vol. 14, No. 2, 2018, https://eric.ed.gov/?id=EJ1199511 (accessed September 18, 2020).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Kecerdasan Dan/Atau Bakat istimewa, 2.

Poerwadarminta, Kamus Umum, 25; Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam I Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Rofiah, Nurul Hidayati. Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran No. 2, 1 Oktober 2017, https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/108, (accessed September 18, 2020).

Smith, J. David. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa, 2006.

Suprihatin, Penguatan pendidikan Karakter Melalui Revitalisasi Gerakan Pramuka (Studi Kasus kegiatan Kepramukaan Kelas VII SMP Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten 2012/2013. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Wehr, Hans. A Dictionary of Modern Written Arabic, ed. J. Milton Cowan. Beirut: Maktabah Lubnan, 1980.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Chasanah, U., Ahmala, M., & Isbir, M. (2020). Model Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kepramukaan Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Margorejo Surabaya. FIKROTUNA, 12(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4168