Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4170Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Covid-19Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena pembelajaran saat pandemi covid-19 yang hanya menekankan pada proses transfer ilmu pengetahuan, beberapa sekolah masih berusaha mencari format agar pendidikan di masa pandemic covid-19 tetap pemperhatikan kebutuhan karakter peserta didik. Salah satu sekolah yang sudah melakukan program ini adalah SMA 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga hasil yang didapatkan berupa data diskriptif. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Temuan dalam penelitian; SMA 5 Pamekasan dalam pembelajaran menggunakan dua model, yakni daring dengan memanfaatkan google classroom, dan Luring terbatas. Untuk program penanaman pendidikan karakter peserta didik SMA 5 Pamekasan. Pertama, pembiasaan yaitu berdo’a di awal dan akhir pembelajaran. Kedua, de’bar, yaitu jum’at barokah. Sedangkan penanaman pendidikan karakter melalui tatap muka terbatas, menggunakan metode keteladanan guru.References
Ahmad, Tafsir. (2000). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Elkind, David H. dan Sweet, Freddy. (2004). How to Do Character Education. Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober.
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Jamal Ma’mur Asmani,. 2008. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Jamal, Ma’mur Asmani. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, Cet. III
Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 1 (14), hlm. 47-64.
Komalasari, Kokom .2013. Pembelajaran Kontekstual: Konxep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kemendiknas. 2010. Disain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Mandikdasmen.
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)
Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional.
BDK Jakarta Kementerian Agama RI. 2020. Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa?. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa. 27 Desember 2020.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. 2017. 7 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak. http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3856. 27 Desember 2020.
dr. Merry Dame Cristy Pane. 2020. Virus Corona. https://www.alodokter.com/virus-corona. 27 Desember 2020.
Jawa Pos Radar Kudus. 2019. Pembelajaran Abad 21 sebagai Solusi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. 27 Desember 2020.
Kabar Sekolah. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. https://kabarsekolah.id/blog/implementasi-pendidikan-karakter-di-sekolah/. 27 Desember 2020.
Kumpulan Artikel News. 2011-2012. Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Ahli. http://xerma.blogspot.com/2014/12/pengertian-pendidikan-karakter-menurut.html. 27 Desember 2020.
Media Pengetahuan Online. 2020. 8 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli. eputarpengetahuan.co.id/2020/12/pengertian-pendidikan-karakter.html#8_Pengertian_Pendidikan_Karakter_Menurut_Para_Ahli. 27 Desember 2020.
Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.http://konselingindonesia.com/index.php?option= com_content&task=view&id=307&Itemid=102. (Diakses tanggal 27 Desember 2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)