Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

  • Suhrawardi Suhrawardi SMA 5 Pamekasan
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Covid-19

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pembelajaran saat pandemi covid-19 yang hanya menekankan pada proses transfer ilmu pengetahuan, beberapa sekolah masih berusaha mencari format agar pendidikan di masa pandemic covid-19 tetap pemperhatikan kebutuhan karakter peserta didik. Salah satu sekolah yang sudah melakukan program ini adalah SMA 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga hasil yang didapatkan berupa data diskriptif. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Temuan dalam penelitian; SMA 5 Pamekasan dalam pembelajaran menggunakan dua model, yakni daring dengan memanfaatkan google classroom, dan Luring terbatas. Untuk program penanaman pendidikan karakter peserta didik SMA 5 Pamekasan. Pertama, pembiasaan yaitu berdo’a di awal dan akhir pembelajaran. Kedua, de’bar, yaitu jum’at barokah. Sedangkan penanaman pendidikan karakter melalui tatap muka terbatas, menggunakan metode keteladanan guru.

References

Aan, Hasanah. (2013). Pendidikkan dalam Perspektif Karakter. Bandung: Insan Komunika.

Ahmad, Tafsir. (2000). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Elkind, David H. dan Sweet, Freddy. (2004). How to Do Character Education. Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober.

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Jamal Ma’mur Asmani,. 2008. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Jamal, Ma’mur Asmani. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, Cet. III

Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 1 (14), hlm. 47-64.

Komalasari, Kokom .2013. Pembelajaran Kontekstual: Konxep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemendiknas. 2010. Disain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Mandikdasmen.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional.

BDK Jakarta Kementerian Agama RI. 2020. Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa?. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa. 27 Desember 2020.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. 2017. 7 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak. http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3856. 27 Desember 2020.

dr. Merry Dame Cristy Pane. 2020. Virus Corona. https://www.alodokter.com/virus-corona. 27 Desember 2020.

Jawa Pos Radar Kudus. 2019. Pembelajaran Abad 21 sebagai Solusi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. 27 Desember 2020.

Kabar Sekolah. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. https://kabarsekolah.id/blog/implementasi-pendidikan-karakter-di-sekolah/. 27 Desember 2020.

Kumpulan Artikel News. 2011-2012. Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Ahli. http://xerma.blogspot.com/2014/12/pengertian-pendidikan-karakter-menurut.html. 27 Desember 2020.

Media Pengetahuan Online. 2020. 8 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli. eputarpengetahuan.co.id/2020/12/pengertian-pendidikan-karakter.html#8_Pengertian_Pendidikan_Karakter_Menurut_Para_Ahli. 27 Desember 2020.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.http://konselingindonesia.com/index.php?option= com_content&task=view&id=307&Itemid=102. (Diakses tanggal 27 Desember 2020).
Published
2020-12-30
How to Cite
Suhrawardi, S. (2020, December 30). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. FIKROTUNA, 12(02). https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4170