Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan

Authors

  • Mat Behri IAI Al-Khiarat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5065

Keywords:

Strategi Komunikasi; Pemasaran Mutu, Madrasah

Abstract

Komunikasi merupakan komponen penting dalam pendidikan sebagai sarana untuk menghubungkan antar komponen pendidikan. Peran komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan merupakan interaksi positif yang harus dibangun oleh stakeholders sebagai upaya untuk menjaga eksistensi lembaga pendidikan. Pentingnya komunikasi harus dibangun secara internal lembaga pendidikan dan juga eksternal lembaga pendidikan berupa masyarakat sebagai upaya untuk membangun sinergitas lembaga dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Seumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang dipilih adalah Kepala Madrasah, Tata Usaha (TU), dan guru yang terlibat dalam komunikasi pemasaran mutu pendidikan. Sedangkan keabsahan data melalui derajat kepercayaan (credibility). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola komunikasi dalam pemasaran mutu terdapat dua pola komunikasi. (1) komunikasi dengan siswa, meliputi bidang akademik dan non akademik. (2) komunikasi dengan stakeholder madrasah. Kedua, unsur-unsur yang mempengaruhi komunikasi yaitu (1) prestasi madrasah (2) ciri khas madrasah. Ketiga, gambaran efektifitas strategi komunikasi dalam pemasaran mutu pendidikan yaitu, (1) meningkatnya jumlah peserta didik. (2) komunikasi yang baik dengan masyarakat. (3) prestasi siswa. Keempat, hambatan dalam stategi komunikasi pemasaran mutu, (1) pendanaan, (2) kerjasama tim, (3) georafis

References

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.

Amrullah Aziz, Peningkatan Mutu. Jurnal Studi Islam, Volume 10, No. 2 Desember 2015.

Edward Sallis, Total Quality Managemen in Education; Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.

George R. Terry & Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.

Imam Faizin, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017.

M. Munir, Intizam, Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, April 2018.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Mustolih & Tri Murni. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MIN 1 Kebumen. Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Volume. 2 No. 1. Tahun 2018.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Siswanto & Karimullah, Sekolah Hijau. Surabaya: Salsabila Putra Pratama, 2016.

Umiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod, 2011.

Downloads

Published

2021-10-08

How to Cite

Bahri, M. (2021). Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Pamekasan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 10(01), 102–114. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5065

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.